Jenis-Jenis Program Acara Televisi dan Menyikapinya


Jenis-jenis program acara televisi seakan-akan tidak pernah ada habisnya. Beberapa stasiun televisi swasta malah menayangkan rangkaian program acara hingga 24 jam penuh setiap hari. Hal tersebut cukup menyenangkan, apalagi hampir sebagian besar tayangan televisi bersifat menghibur sehingga mampu mengusir stres di saat jenuh.

Namun, tidak sedikit pula efek buruk yang ditimbulkan dari program-program acara di televisi. Misalnya, seseorang menjadi lupa waktu dan mengabaikan tugas serta tanggung jawabnya terhadap pekerjaan karena keasikan menonton televisi.

Pengaruh buruknya juga bisa mengganggu kesehatan mata. Jika kita terlalu menonton televisi atau menonton dengan jarak dekat, mata akan lebih cepat rabun. Oleh karena itu, walaupuan acara dalam televisi sangatlah menarik, kita sebagai penonton tetap harus menyikapinya dengan baik.

Sebenarnya, apa saja jenis program acara televisi tersebut?

1. Program acara untuk anak-anak

Program ini berisi acara tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia anak-anak. Tayangannya bukan hanya bersifat menghibur saja, tapi juga mengandung esensi edukasi dan pesan-pesan moral yang tentunya dapat dengan mudah dimengerti anak-anak. Contohnya, acara tentang kartun animasi, film anak, tentang petualangan anak, segala sesuatu tentang kegiatan dan hobi anak-anak, acara pencarian bakat anak-anak, dan sebagainya.

2. Program acara seputar hobi

Program ini berisi acara tentang seluk-beluk hobi, baik itu hobi yang menguntungkan, menegangkan, maupun yang membutuhkan biaya besar. Contoh program seperti ini dapat berupa acara masak-memasak, acara perjalanan ke suatu tempat, acara petualangan, acara seputar dunia menjahit, dan sebagainya.

3. Program acara reality show

Program ini berisi acara tentang suatu kejadian yang diliput langsung di tempat peristiwa terjadi. Umumnya, acara ini bersifat natural karena sebagian besar adegannya terjadi di luar skenario dan perencanaan.

4. Program musik

Program ini berisi acara tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan musik. Misalnya, acara request lagu, acara pemilihan lagu-lagu terbaik setiap minggu, acara pemutaran musik, dan sebagainya.

Itulah jenis-jenis program acara televisi yang dapat menjadi pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat dan mari bersikap bijak dalam menonton berbagai program televisi.

Selanjutnya : Buah Kesukaan Hamster Cambell
Sebelumnya: Buah-buahan yang Dapat Menurunkan Berat Badan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar