Jenis-Jenis Pupuk Hayati dan Keunggulannya


Setelah penggunaan pupuk kimia semakin berkurang, kini para petani mulai beralih pada penggunaan pupuk hayati. Memang, sebagian besar toko-toko yang menjual perlengkapan alat dan bahan-bahan pertanian banyak sekali menjual jenis-jenis pupuk hayati dari beragam merek, keunggulan, serta cara penggunaan yang berbeda-beda. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dari setiap petani itu sendiri.

Sebelum artikel ini memperkenalkan beberapa macam pupuk hayati yang beredar di pasaran, ada baiknya jika sekilas diuraikan apa itu pupuk hayati? Dan, mengapa penggunaannya dirasa lebih menguntungkan dibandingkan pupuk kimia? Berikut ulasan singkatnya.

Pupuk hayati merupakan pupuk yang dibuat menggunakan bahan-bahan dari sel-sel hidup mikroorganisme tertentu. Kandungan bahan sel hidup pada pupuk hayati inilah nantinya akan berguna untuk merangsang percepatan proses mikrobiologis agar unsur hara terpenuhi dengan jumlah yang mencukupi. Dengan demikian, tanaman dapat menyerap hara lebih banyak sehingga dengan sednirinya berpengaruh pula pada struktur tanah dan proses pengomposan yang lebih cepat.

Lantas, apa saja contoh macam-macam pupuk hayati serta keunggulannya masing-masing itu?

  • Pupuk hayati emas, merupakan pupuk hayati yang mengandung jenis mikroba aeromonas punctata, aspergillus niger, dan azosspirilum lipoverum. Mikroorganisme itulah yang bertugas mengikat nitrogen dari udara sehingga dapat diserap oleh akar secara maksimal. Keunggulan jenis pupuk hayati emas ini juga memiliki mikroba seperti jamur yang dapat merangsang peningkatan jumlah hara di dalam tanah.
  • Pupuk hayati M bio, merupakan pupuk hayati dengan campuran bahan-bahan organik yang berhasil difermentasikan terlebih dahulu. Bahan-bahan organic tersebut antara lain adalah lactobasilus, azospirillum, yeast, dan bakteri pelarut fosfat. Keunggulan pupuk hayati Mbio terletak pada kemampuannya mendekomposisi bahan-bahan organik secara lebih cepat dan menghasilkan enzim serta hormone yang dibutuhkan oleh tanaman untuk pertumbuhan.
  • Pupuk hayati biofertilizer, merupakan pupuk hayati yang berasal dari sampah-samaph yang belum tersentuh unsure kimia sama sekali. Sehingga proses pembusukan sampah-sampah tersebut dapat menyuburkan tanah. Keunggulan pupuk hayati biofertilizer terletak pada kandungan zat antibiotic alami dari mikroorganisme yang berguna untuk melawan serangan hama pada tumbuhan. 

Demikian jenis-jenis pupuk hayati beserta keunggulannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Download Cepat Anti Gagal
Sebelumnya: Mengenal Nama Bapak Valentino Rossi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar