Jenis Jenis Suara Vocal Dalam Paduan Suara

Dalam dunia seni suara, kita mengenal vocal sebagai bunyi yang dikeluarkan dengan irama yang pas dan enak didengar. Vocal ini biasanya memiliki banyak jenis, dan pada paduan suara dijadikan harmonisasi yang sangat indah untuk didengar.

Agar enak untuk didengar, vocal ini harus dilatih, baik dari pengenalan nada, cara bernapas, melatih vibra, serta untuk mengetahui jenis jenis suara vocal yang dimiliki. Umumnya, dalam paduan suara, kita akan menemui empat jenis suara vocal, yaitu sebagai berikut.

Sopran

Sopran merupakan jenis suara vocal tertinggi dan umumnya dimiliki oleh wanita. Orang yang memiliki suara sopran dalam paduan suaranya, biasanya memiliki standar jarak suara C4 hingga satu setengah oktaf ke atas mencapai G5/A5.

Alto

Suara alto biasanya dimiliki oleh wanita dengan suara terendah. Akan tetapi, lelaki juga memiliki suara alto yang biasanya dinyanyikan dengan teknik falsetto (pemalsuan suara), dan umumnya disebut sebagai penyanyi kauntertenor.

Penyanyi alto lelaki ini umumnya hampir sama dengan suara penyanyi tenor. Penyanyi tenor akan mencapai nada yang berada di antara G di bawah C tengah hingga ke E sepuluh di bawah C tengah (G3-E5).

Tenor

Suara tenor merupakan suara tinggi yang dimiliki oleh penyanyi pria. Di mana dalam paduan suara, jangkauan nadanya adalah di antara nada C3, yaitu nada C yang berada satu oktaf di atas nada C natural, hingga nada A4 yang merupakan nada A yang berada di atas nada C tengah.

Bass

Suara bass merupakan suara terendah yang dimiliki oleh penyanyi pria. Biasanya, jangkauan nadanya mulai dari E2 hingga E4, meskipun tidak menutup kemungkinan ada penyanyi yang bisa mencapai nada rendah hingga nada C2.

Keempat jenis suara vocal ini, dalam paduan suara posisinya adalah sopran, alto, tenor, dan bass. Di mana, pada partitur di dalam paduan suara, mayoritas nada tenor, memiliki rentang mulai dari B2 hingga A4.

Meskipun jenis jenis suara vocal dalam paduan suara umumnya adalah empat, namun sebenarnya tidak ada batasan untuk jumlah suara dalam paduan suara.

Loading...
Selanjutnya : Kandungan Gizi Gandum Durum beserta Manfaatnya
Sebelumnya: Tips Download Tema Imut Dari Internet
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar