Jenis-jenis Tembaga


Siapa yang tidak mengenal tembaga, aluminium, ataupun besi. Ketiga jenis barang tersebut sering diperjualbelikan sebagai barang bekas. Jenis-jenis tembaga sendiri ada beberapa macam. Jenis tembaga tergantung dari bentuk dan manfaat tembaga itu sendiri.

Bisnis Rongsokan

Jika diperhatikan, bisnis barang rongsok semakin hari semakin banyak peminat. Jika dahulu, hanya pemulung yang seringkali masuk ke kampung-kampung. Namun sekarang pencari barang rongsok dengan menggunakan sepeda atau pun motor sudah banyak yang masuk ke dusun-dusun.

Usaha barang rongsok tersebut ternyata sangat menguntungkan. Dari usaha barang rongsok tersebut, pelaku usaha bisa memberi makan keluarganya, dan bahkan bisa membeli kendaraan hingga mobil.

Awalnya mungkin banyak orang yang memandang sebelah mata, tentang usaha rongsokan. Namun sebenarnya, usaha rongsokan tersebut sangat tergantung pada dollar, sebab barang bekas seperti besi, mengikuti harga jual dunia dan tergantung pada naik turunnya kurs dollar.

Berikut ini akan diurai jenis-jenis tembaga yang dapat digunakan ketika akan membuka usaha barang bekas, ataupun usaha jual beli barang bekas. Yang pertama, adalah tembaha TBMI. Tembaga tersebut adalah tembaga yang berasal dari kabel.

Kabel tersebut adalah kabel dengan ciri-ciri tembahan yang berwarna merah, dan tembaga tersebut di dapat dari bekas kabel. Jika diukur besarnya, besar kabel tersebut paling kecil sebesar ujung lidi. Kabel tersebut pun masih berwarna merah dan bukan dalam kondisi telah terbakar.

Tembaga TMB2 adalah tembaga yang sudah tidak berwarna merah lagi, dikarenakan tembaga tersebut sudah terbakar sehingga meninggalkan bekas kehitaman. Jenis tembaga yang ketiga adalah jenis tembaga BC.

Tembaga tersebut, dikenal dengan tembaga yang mempunyai besar minimal sebesar lidi, juga kondisinya yang telah habis terbakar. Jenis tembaga selanjutnya adalah jenis tembaga TBB. Tembaga ini adalah tembaga yang didapat dari hasil menggulung dynamo, sehingga ukurannya dapat berukuran besar. Bekas dinamo ini adalah bekas rambut kabel yang telah dibakar.

Selain beberapa jenis tembaga di atas, juga terdapat jenis tembaga batangan dan juga tembaga keni. Ada juga jenis tembaga dandang. Jenis tembaga batangan adalah semua tembaga namun tembaga-tembaga tersebut berbentuk batangan. Tembaga keni adalah tembaga bekas dari lelehan, namun lelehan tersebut sudah membeku. Yang terakhir adalah tembaga dandang, yakni tembaga dari hasil alat-alar rumah tangga.

Itulah secara singkat jenis jenis tembaga yang semoga dapat membantu penelitian, membuka usaha barang bekas, dan lain-lain.

Selanjutnya : Jenis Puisi Ode kepada Pujangga Dunia
Sebelumnya: Beberapa Penyanyi Indonesia Tahun 80-an yang Masih Berkarya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar