Mengenal Berbagai Jenis Jurnal Akuntansi

Mengenal berbagai  jenis jurnal akuntansi sangatlah penting bagi seorang akuntan. Sebagai akuntan yang bertugas untuk mencatat, mengawasi, dan membuat laporan keuangan sebuah perusahaan maka mengenal jenis-jenis jurnal akuntansi akan sangat membantu dalam melakukan tugas dan fungsinya .

Artikel berikut akan membahas mengenai pengetahuan dasar tentang jurnal akuntansi termasuk juga macam jurnal dalam akuntansi.

Loading...

Definisi dan Manfaat Jurnal Akuntansi

Jurnal akuntansi merupakan suatu catatan yang berisi kronologis transaksi keuangan suatu badan usaha yang disusun dengan sistematis dan dengan urutan yang sebenarnya. Keterangan yang pasti tercantum dalam jurnal akuntansi meliputi waktu transaksi, jenis transaksi dan besarnya nominal debet atau kredit dari transaksi tersebut.

Manfaat  jurnal akuntansi  adalah untuk mencatat dan mengetahui setiap rangkaian transaksi keuangan dimana selanjutnya dari jurnal tersebut dapat dilakukan analisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Dari jurnal akuntansi tersebut juga dapat dibuat berbagai macam laporan keuangan perusahaan, misalnya laporan laba rugi perusahaan.

Macam Jurnal Akuntansi

Jenis jurnal akuntansi dibagi menjadi 2 jenis utama yaitu jurnal umum dan jurnal khusus. Jurnal umum adalah sebuah jurnal yang berisi catatan mengenai semua jenis transaksi keuangan. Sedangkan jurnal khusus merupakan jurnal yang diperuntukkan mencatat transaksi-transaksi secara spesifik dan lebih detail.  Jurnal khusus akuntansi meliputi :

1. Jurnal Pembelian

Setiap transaksi pembelian akan dicatat pada jurnal ini. Jadi jika perusahaan membeli sesuatu maka ditulis pada jurnal tersebut

2. Jurnal Penjualan

Setiap transaksi penjualan akan dicatat pada jurnal ini. Sama halnya dengan pembelian, maka penjualan yang terjadi datanya dimasukkan pada jurnal penutup

3. Jurnal Penerimaan Kas

Setiap kali perusahaan menerima kas akan dicatat dalam jurnal ini. Jika menerima uang maka akan segera dimasukkan kedalam buku kas.

4. Jurnal Pengeluaran  Kas

Setiap kali perusahaan mengeluarkan kas akan dicatat dalam jurnal ini. Jika pengeluaran pada kas terjadi, kama buku kas dicatat pada bagian pengeluaran.

5. Jurnal Pembalik

Jurnal pembalik ini berfungsi untuk mengecek kembali setiap transaksi

6. Jurnal Penutup

Jurnal yang dibuat pada setiap akhir periode, biasanya pada akhir tahun. Jenis jurnal penutup antara lain jurnal menutup rekening pendapatan, jurnal penutup rekening beban, jurnal penutup laba/rugi dan jurnal menutup rekening prive.

Itulah macam-macam jurnal dalam akuntansi yang harus dimiliki oleh sebuah badan usaha. Banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan penjurnalan yang sesuai dengan jenis jurnal akuntansi berdasarkan transaksi.

Loading...
Selanjutnya : Miras dengan Kadar Alcohol Tertinggi
Sebelumnya: Lirik Lagu Dewi Yul Oh Angin Malam Bawa Aku Kepadanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar