Yuk, Mengenal Jenis Lagu Indonesia

Apa saja jenis lagu Indonesia? Mendengarkan musik adalah hal yang lazim dilakukan oleh sebagian besar orang. Bermacam-macam tujuannya, ada yang sekadar untuk hiburan, hobi, bahkan untuk mengusir rasa bosan. Tidak jarang musik dapat menggambarkan karakter seseorang atau menggambarkan perasaan dalam dirinya.

Bisa dipastikan semua orang menyukai musik dan menjadikannya sebagai media hiburan. Apapun jenis musik yang mereka dengarkan, baik jenis lagu Indonesia maupun manca negara, yang pasti musik-musik tersebut bisa menjadi hiburan ketika kebosanan, kesedihan, bahkan ketika kesenangan datang.

Jenis-jenis Musik di Indonesia

Ada banyak jenis musik yang dikenal di Indonesia, baik itu yang asli Indonesia maupun yang datang dari luar negeri. Pengenalan musik khas luar negeri ke Indonesia pun saat ini makin gampang dengan adanya era digital. Secara umum ada tujuh jenis musik yang dikenal di Indonesia. Bisa dibilang ketujuh jenis musik ini paling populer di Indonesia. Apa saja?

1. Musik Pop

Musik ini mulai dikenal pada 1950-an. Banyak orang yang menyukai jenis musik ini.  Genre POP berasal dari rock and roll. Genre ini sangat luwes karena dapat menarik banyak penggemar. Bisa dibilang ini adalah genre komersial karena dapat menarik banyak massa.

2. Rock

Hampir sama dengan musik POP, genre ini mulai dikenal di Indonesia pada 1950an. Irama musik ini lebih keras ketimbang musik POP yang terkesan lembut. Akar musik rock adalah rhythm and blues.  Musik rock juga dipengaruhi oleh musik country yang lebih dulu ada.

3. Musik Jazz

Jenis musik ini bukan berasal dari Indonesia.  Jazz lahir di Amerika Serikat pada awal abad ke-20. Kelahiran jazz banyak dipengaruhi oleh musik Afrika dan Eropa. Musik ini melibatkan beberapa jenis alat musik antara lain gitar, trombon, piano, terompet dan saksofon.

4. Dangdut

Genre musik ini merupakan gabungan dari musik India klasik, Melayu dan Arab. Di Indonesia, musik ini berawal dari kasidah, musik yang masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya ajaran Islam ke nusantara.  Perjalanan musik dangdut di Indonesia mengalami beberapa fase perubahan dan pengaruh budaya lain. Pada pertengahan 1970-an bisa dibilang musik ini telah matang dan berkembang pesat di Indonesia.

5. Reggae

Aliran ini berasal dari Jamaika, lahir sekitar 1960an. Musik ini memgikuti musik sebelumnya yaitu ska dan rocksteady.

6. Blues  

Jenis musik ini merupakan pengaruh dari Afrika-Amerika Selatan.

7. Hip hop

Hip Hop merupakan perpaduan dinamis antara rap, breakdance, fashion dan bahasa slang. Belakangan hip hop marak di Indonesia, bahkan banyak terbentuk grup hip hop di daerah.

Nah, itulah tadi ulasan singkat tentang jenis musik Indonesia. Semoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Sejarah Kerajaan Malaka Islam di Indonesia
Sebelumnya: Belajar Cara dan Teknik Merajut yang Benar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar