Mengenal Jenis Limbah dan Penanganannya


Limbah adalah sampah atau hasil buangan yang apabila tidak diolah dengan baik akan mencemari lingkungan. Oleh karena itu penanganan terhadap limbah-limbah ini harus cepat dilakukan sebelum terjadi hal-hal yang buruk. Akan tetapi penanganan limbah tidak dapat dilakukan dengan sembarang cara. Penanganan yang baik jika memperhatikan jenis dan karakteristik dari limbah yang ada. Karena masing-masing limbah memiliki cara penanganan yang berbeda-beda. Berikut akan dibahas berbagai jenis limbah dan penanganannya.

Jenis Limbah

Berdasarkan jenisnya, limbah dapat dapat dikatagorikan menjadi 2 kelompok besar. Yaitu limbah industri dan limbah domestik. Limbah industri ini berasal dari pabrik-pabrik yang ada. Seperti yang kita tahu setiap pabrik pasti memproduksi suatu barang. Hasil proses produksi yang tidak terpakai itulah yang dinamakan limbah industri. Sayangnya perusahaan atau pabrik yang ada sekarang ini hanya mementingkan produksi yang dihasilkan tanpa memikirkan lebih lanjut dampak limbah yang mereka hasilkan terhadap lingkungan sekitar.

Limbah industri ini kebanyakan bersifat cair, sehingga penggolahannya pun harus hati-hati. Pengolahan zat cair milik limbah industri mempunyai lima tahap. Tahap prepare dan tahap pertama berguna untuk memisahkan kandungan minyak atau zat-zat yang terlarut didalam air. Tahap ketiga dan keempat, cat cair yang telah terpisah dengan molekul senyawa yang berbahaya diolah mengunakan alat bantu khusus sehingga menjadi lumpur. Tahap kelima lumpur-lumpur tersebut dipastikan aman jika dilepaskan ke lingkungan.

Selanjutnya adalah limbah domestik. Limbah ini skala berbahanya lebih rendah dibanding dengan limbah industri, karena memang asalanya dari rumah tangga biasa. Meskipun demikian bukan berarti limbah yang dihasilkan pada rumah tangga tidak perlu ditangani. Tetap perlu penanganan hanya saja tidak serumit penanganan limbah industri.

Sama halnya dengan limbah industri, limbah domestik ini pun biasanya didominasi oleh limbah cair. Untuk mengatasi limbah ini, Anda bisa melakukanya dirumah. Caranya dengan batuan drum dan ijuk yang bersifat sebagai penyaring. Caranya taruh drum di saluran pembuangan air, biarkan air masuk kedalam drum, dan air akan disaring dengan ijuk serta koral. Kemudian air yang keluar dari drum akan aman ketika terserap ke dalam tanah

Bagaimana apakah Anda sudah tahu apa saja jenis limbah dan penanganannya. Jika sudah maka sekarang Anda mulai menumbuhkan kesadaran untuk hidup sehat dan menjaga lingkungan dari bahaya limbah-limbah yang ada.

Selanjutnya : Mengenal Berbagai Jenis Panggilan Anis Merah
Sebelumnya: 10 Makanan Bergizi Bagi Balita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar