Jenis Makanan Nutrisi Untuk Otak

Siapapun pasti ingin memiliki otak yang cerdas agar dapat digunakan secara maksimal dalam mengolah informasi yang diterima. Selain harus dilatih dan diasah dengan ilmu pengetahuan, otak juga membutuhkan nutrisi. Oleh karena itu beberapa jenis makanan nutrisi untuk otak sangat perlu dikonsumsi sedini mungkin. Bahkan ketika masih dalam bentuk janin di dalam rahim ibunya. 

Para pakar kesehatan, merekomendasi beberapa jenis makanan tertentu yang diyakini dapat mempengaruhi daya kerja otak secara maksimal. Bila rutin dikonsumsi, maka tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh terhadap IQ seseseorang. Siapa yang tidak mau memiliki IQ di atas rata-rata bukan?

Bagi yang menginginkannya, silahkan penuhi asupan makanan bernutrisi yang sangat baik untuk otak seperti berkut ini:

• Pisang

Buah yang umumnya berkulit warna kuning atau hijau kekuningan ini mengandung kalium dan magnesium yang dapat merangsang serabut saraf otak saling bertautan. Semakin banyak saraf otak yang bertautan, maka semakin maksimal pula otak dapat digunakan untuk berpikir.

• Ikan

Tidak diragukan lagi bahwa ikan (terutama ikan laut) sangat baik untuk perkembangan otak. Apalagi bila seorang ibu hamil rajin mengonsumsi ikan, maka akan memberi pengaruh besar pada otak bayi yang dikandungnya. Diantara ikan yang ada, beberapa ikan tertentu mengandung asam lemak omega 3 yang lebih tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya. Misalnya, ikan salmon, tuna, dan ikan sarden.

• Sayur bayam

Menurut penelitian, kandungan vitamin B9 pada sayur bayam berguna untuk meningkatkan daya ingat. Sehingga rekaman suatu informasi yang diterima otak dapat bertahan lebih lama. Bukankah orang yang cerdas selalu mampu mengingat banyak hal daripada yang tdak?

• Telur

Selain kandungan protein yang tinggi, dalam sebutir telur mengandung asam amino yang sangat baik untuk menutrisi otak.

• Cokelat

Bagi penggemar cokelat silahkan bergembira dengan informasi ini. Ternyata bila cokelat dikonsumsi dengan jumlah yang wajar (tidak berlebihan/1 batang per hari) akan merangsang pembentukan sel-sel saraf. Karena dalam cokelat terkandung flavonoid yang memang dibutuhkan untuk otak. Namun apabila pengonsumsiannya berlebihan, cokelat justru akan berdampak buruk terutama terhadap kesehatan kulit wajah nantinya.

Demikian beberapa jenis makanan nutrisi untuk otak. Semoga mulai sekarang Anda dapat memenuhi asupan nutrisi otak tersebut.

Loading...
Selanjutnya : Langkah-langkah Merawat Komponen Casing HP
Sebelumnya: Kolektor Perangko Kuno Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar