Jenis Mikrobiologi


Bagi anak-anak yang belajar di fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau anak-anak siswa jurusan IPA tentunya tidak asing lagi dengan kata mikrobiologi. Untuk mengetahui apa itu mikrobiologi dan jenis mikrobiologi mari kita bahas lebih lanjut.

Mikrobiologi ini merupakan cabang ilmu Biologi yang membahas tentang mikroorganisme. Sedangkan mikroorganisme sendiri adalah makhluk hidup (mikroorganisem) yang berukuran sangat kecil, sehingga tidak bisa dilihat secara kasat mata dan hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop.

Jenis Mikroorganisme

Jenis mikroorganisme sangat banyak, di antaranya bakteri, jamur, algae, protozoa, virus, dan lichenes. Mikroorganisme tersebut ada yang dapat menguntungkan dan ada pula yang merugikan. Mikroorganisme yang menguntungkan adalah yang memberikan peran positif dalam kehidupan kita. Hal yang paling menarik dalam mempelajari mikroorganisme sebagai bagian dari mikrobiologi adalah dengan mempelajari mikrobiologi pangan.

Mikrobiologi pangan ini adalah ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme yang terdapat dalam bahan pangan, baik itu dari bahan baku pangan atau makanan yang sudah diolah. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas bahwa mikroorganisme ini ada yang merugikan dan menguntungkan, demikian juga dalam mikroorganisme pada pangan.

Mikroba yang menguntungkan adalah mikroba yang berperan dalam proses fermentasi dalam proses makanan. Sedangkan mikroorganisme atau mikroba yang merugikan adalah yang menyebabkan kerusakan pada pangan atau penyakit pada pangan.

Salah satu manfaat dari mikroorganisme baik adalah dalam proses pembuatan yoghurt. Yoghurt ini adalah susu yang difermentasikan oleh mikroorganisme, yaitu bakteri streptococcus thermophilus dan lactobicillus bulgaricus. Dalam proses pembuatan yoghurt tersebut kedua bakteri ini akan menghasilkan asam laktat, sehingga rasanya berubah menjadi asam. Fungsi dari asam laktat sendiri adalah untuk menjaga kesehatan usus kita, sehingga terbebas dari bakteri penyebab penyakit.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan yoghurt ini adalah harus memilih susu yang memiliki kualitas baik agar yoghurt yang dihasilkan berkualitas baik. Biasanya susu yang berkualitas didapatkan dari hewan yang sehat. Selain pembuatan yoghurt, mikroorganisme juga digunakan untuk membuat keju dengan proses fermentasi.

Demikian artikel tentang pengertian dan jenis mikrobiologi. Semoga uraian tersebut  bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai ilmu biologi.

Selanjutnya : Tanah Yang Subur Memiliki PH Ideal
Sebelumnya: Memahami Pengertian Ibadah Hakiki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar