Ciri dan Karakteristik Jenis Monyet Ekor Panjang


Tentunya tidak sulit menemukan jenis monyet ekor panjang di sekitar lingkungan kita. Selama itu ada pepohonan yang agak rimbun dan tinggi, disanalah monyet-monyet berekor panjang itu sering bertengger. Atau, monyet ekor panjang dapat kita lihat di pertunjukan-pertunjukan tompeng moyet.

Jenis monyet yang memiliki nama latin Macaca fascicularis ini merupakan primata yang masih mempunyai hubungan darah dengan monyet hitam dari Sulawesi dnan beruk Mentawai. Di Indonesia, monyet ekor panjang disebut dengan berbagai istilah. Misalnya di masyarakat adat Jawa menyebutnya dengan Kethek, suku sunda menyebutnya dengan Onces, dan warga bali menyebutnya dengan Bojog.

Secara fisik, monyet ekor panjang memiliki ukuran tubuh yang kecil. Bobot badannya hanya sekitar 5 hingga 9 kilogram (khusus yang jantan) dan 3-6 kilogram (khusus yang betina). Bulunya selalu berwarna terang (cokelat kemerahan, abu-abu kecokelatan, atau abu-abu kemerahan), memiliki jambang di sekitar pipinya, memiliki gigi bertekstur kecil yang rapat, hidung kecil dan mancung, serta ada jambul yang tumbuh di bagian atas kepalanya.

Jenis-jenisnya terbagi atas:

  • Macaca fascicularis fuscus yang banyak hidup di dataran Sumetra.
  • Macaca fascicularis tua yang banyak hidup di dataran Kalimantan.
  • Macaca fascicularis umbrosus yang banyak hidup di dataran India.
  • Macaca fascicularis condorensis yang banyak hidup di Vietnam.
  • Macac fasicularis atriceps yang banyak hidup di Thailand.

Karakter monyet ekor panjang terbilang ramah, mudah beradaptasi, liar, agresif, mudah meniru, dan selalu hidup secara berkelompok dengan jumlah betina yang selalu lebih banyak daripada yang berkelamin jantan. Oleh karena itu yang jantan berhak mengawini beberapa ekor betina secara bersamaan.

Habitat mereka selalu di daerah yang memiliki pepohonan yang tinggi dan rimbun. Sebab, kebiasaan bergelantungan tidak bisah dipisahkan dari ciri khas monyet manapun. Untuk makanan, mereka termasuk golongan hewan yang tidak sulit dalam mencerna makanan. Dengan sturktur gigi dan rahang yang kuat, memungkinkan mereka mengunyah makanan menjadi halus. Oleh sebab itu mereka bisa memakan segala jenis umbi-umbian, jamur, bunga, daun, segala jenis buah-buahan, serangga kecil, siput, rumput, kepiting, dan kacang.

Demikian ciri dan karakteristik jenis monyet ekor panjang. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Arti Seni Tradisional Debus dari Banten
Sebelumnya: Arti Populasi dan Karakteristiknya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar