Jenis Murai Batu yang Bagus Sesuai Habitatnya


Dari jajaran burung-burung yang memiliki kicauan paling merdu, jenis Murai Batu adalah salah satunya. Tidak diragukan lagi bahwa banyak orang yang rela merogoh kantong ratusan ribu hingga jutaan rupiah demi mendapatkan burung Murai Batu untuk dipelihara. Bahkan untuk jenis Murai Batu yang bagus, mereka rela mencarinya ke beberapa tempat di Indonesia.

Memang, jenis Murai Batu dapat dibedakan berdasarkan darimana ia berasal. Lain habitatnya berkembang, lain pula jenis murai yang bisa didapatkan. Dan, pasti berbeda pula cirri-cirinya. Ingin tahu di pulau mana saja kita bisa menemukan murai batu? beserta ciri-ciri Murai Batu dari masing-masing tempat tersebut. Berikut diantaranya:

• Kalimantan

Murai Batu yang paling banyak ditemukan di pulau Kalimantan disebut dengan Murai Batu Borneo. Secara kicauan, jenis Murai Batu Borneo tidak terlalu nyaring Murai Batu pada umumnya. Bunyi kicauannya pun seringkali terdengar berulang-ulang. Namun, jenis ini sangat tangguh dan berani. Terutama saat menghadapi lawan. Ukuran tubuhnya sekitar 8-13 cm dengan dada yang agak menonjol seperti membusungkan dada. Tingkahnya agresif dan sulit sekali diam.

• Lampung

Hutan-hutan di Lampung adalah tempat yang paling sering didiami Murai Batu. Hampir sama seperti Murai Batu Borneo, burung Murai Lampung pun terkenal jago berkelahi dengan lawannya. Oleh karena itu Murai Lampung tidak dianjurkan hidup bersama-sama dalam satu sangkar. Namun, bila dibandingkan dengan Murai Batu Kalimantan, Murai Batu Lampung memiliki suara yang lebih merdu, nyaring dan panjang. Bahkan Murai lampung termasuk jenis Murai yang sering memenangkan kontes burung.

• Aceh

Murai yang paling banyak ditemukan di Aceh berukuran sekitar 19- 29 cm. Suara kicauannya melengking dan terkadang terdengar seperti gesekan biola. Jenis Murai Aceh adalah jenis Murai yang paling gampang mengingat suara-suara yang diperdengarkan kepadanya.

• Medan

Ternyata bukan warga Medan saja yang terkenal memiliki suara merdu. Ternyata, Murai yang hidup di dataran pegunungan Bahorok pun dapat berkicau indah. Jenis Murai yang hidup di pegunungan Bahorok adalah jenis murai dengan tubuh yang cukup panjang dan besar. Ukuran tubuhnay sekitar 27 hingga 30 cm. Dalam harga pasaran, diketahui bahwa Murai Medan yang paling banyak dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Demikian jenis burung Murai yang bagus sesuai dengan habitatnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Beberapa Nama Legendaris Sepak Bola Indonesia
Sebelumnya: Mengenal Cerita Legenda Nyi Roro Kidul dengan Sultan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar