Mengenal 5 Jenis Palem Hias


Palem adalah sejenis tanaman berakar serabut serta berdaun gerigi yang biasanya terdapat di wilayah tropis dan mediterania. Bentuk fisik pohon palem menyerupai pohon kelapa atau pohon pinang dan kini ada ribuan jenis palem yang dikondisikan menjadi tanaman hias baik indoor maupun outdoor. Tercatat lebih dari dua ribu jenis palem hias yang tersebar di seluruh dunia. Dalam artikel ini akan dibahas lima di antaranya.

1. Palem Ratu

Palem ratu merupakan palem hias yang banyak ditemukan di Brazil, Paraguay, dan Argentina. Palem ini dapat hidup dengan temperatur dua puluh derajat celcius bahkan di bawahnya. Palem ini dapat tumbuh hingga ketinggian lima puluh kaki.

2. Palem Lady

Palem yang satu ini merupakan tanaman dalam ruangan yang cukup populer. Palem ini tumbuh dengan lambat dan tidak terlalu banyak membutuhkan cahaya matahari. Palem ini banyak diminati karena memiliki pola-pola yang terdapat pada daunnya. Palem ini tergolong tanaman yang mudah ditanam meski di dalam pot. Palem ini mencapai masa dewasa saat berukuran setidaknya empat belas kaki atau lebih.

3. Palem Areca

Areca merupakan palem berjenis kecil atau dapat pula dikategorikan sebagai semak yang memiliki daun yang seakan tumbuh dari batang yang bercabang. Palem areca merupakan tanaman rumahan yang membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh. Palem ini membutuhkan banyak sinar matahari dan air yang banyak, tetapi tidak dapat hidup jika diletakkan terendam dengan air.

4. Palem Ekor Ikan

Palem ekor ikan pertama kali ditemukan di kawasan Asia tenggara. Palem ini dapat tumbuh hingga tiga puluh kaki. Tetapi dapat juga dijadikan tanaman indoor karena palem ini mampu hidup di kawasan dengan intensitas sinar matahari yang tidak terlalu banyak. Palem ini dapat hidup dengan baik dan tumbuh lebih cepat di kawasan tropis.

5. Palem Duri (Rotan)

Pale mini merupakan tanaman merambat yang banyak ditemukan di hutan hujan Asia tenggara. Tumbuhan ini memiliki kait tajam dan duri-duri untuk memudahkannya bertahan hidup di hutan habitatnya. Meskipun tajam, batangnya yang seperti tulang menjadikannya tanaman hias indoor yang menarik. Palem duri yang muda dapat tumbuh dengan intensitas cahaya matahari yang rendah, tetapi membutuhkan kelembaban yang cukup.

Demikianlah pembahasan sekelumit tentang jenis palem hias di antara sekian banyak varietas pohon palem di seluruh dunia. Beberapa jenis palem memang tumbuh cukup kecil, sedangkan yang lain dapat tumbuh hingga ketinggian lebih dari dua ratus kaki. Palem-palem ini ada yang tumbuh sebagai pohon, semak belukar dan bahkan ada yang merambat di dedaunan di dalam hutan habitat asli mereka. Banyak di antaranya yang cocok dijadikan tanaman hias. Semua bergantung pada ukuran palem itu sendiri. Yang berukuran kecil biasanya digunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan, sedangkan yang tumbuh tinggi menjulang dijadikan tanaman hias di halaman rumah maupun taman kota.

Selanjutnya : Definisi Administrasi Beserta Fungsinya
Sebelumnya: 4 Kiat Memulai Bisnis Rental Mobil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar