Jenis Perawatan Kelapa Sawit di Lahan Gambut

Jika anda mencari tahu tentang apa apa saja jenis perawatan kelapa sawit di lahan gambut, hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah pemupukan dan pengairan. Lahan gambut yang ditanami kelapa sawit tentunya telah mengalami pembukaan lahan.

Lahan gambut memang mempunyai potensi yang tinggi untuk membudidayakan kelapa sawit karena di dalamnya terdapat undur hara yang berlimpah. Namun,permasalahannya adalah unsur hara tersebut tidak dapat terserap oleh tanaman dan keasaman dalam tanah gambut sangat tinggi. Itulah sebabnya pembukaan lahan harus dilakukan di lahan gambut sebelum ditanami kelapa sawit.

Loading...

Jenis Pupuk dan Apa Apa Saja Jenis Perawatan Kelapa Sawit di Lahan Gambut

Lahan gambut yang sudah dijadikan lahan pertanian kelapa sawit harus diberikan perhatian yang lebih. Lahan gambut biasanya mengalami pelapukan sehingga kandungan unsur hara di dalamnya menjadi tidak seimbang dengan pertumbuhan kelapa sawit. Selain itu rendahnya PH dan tingginya keasaman tanah sangat mengganggu. Untuk menyeimbangkan kebutuhan unsur hara dan penaikan PH tersebut harus dilakukan pemupukan.

Pemupukan sebaiknya menggunakan jenis pupuk yang memiliki unsur hara lengkap dan memiliki kandungan Ca dan P2O5 untuk menaikan PH tanah gambut yang sangat minim. Selain itu jenis pupuk dan  apa apa saja jenis perawatan kelapa sawit di lahan gambut selanjutnya adalah gunakan pupuk tablet agar tidak mudah larut karena tergenang air. Gunakan pupuk yang mengandung hayati bio P 2000 Z. Pemberian pupuk bio P 2000 Z harus dilakukan selama tiga bulan sebelum penyemprotan.

Pengairan dan Apa Apa Saja Jenis Perawatan Kelapa Sawit di Lahan Gambut

Selain pemupukan, budidaya kelapa sawit di lahan gambut juga harus memperhatikan  sistem dan tata kelola peraiaran. Pembuatan saluran seharusnya sudah dilakukan sebelum penanaman.  Ada tiga saluran air yang dibuat untuk mengairi tanah gambut yaitu saluran primer, saluran sekunder,  dan saluran tersier. Kita harus memanfaatkan ketiga saluran ini untuk proses pengairan kelapa sawit pada lahan gambut.

Perawatan kelapa sawit setelah pemupukan adalah,  jangan biarkan lahan kering kerontang karena lahan gambut memiliki struktur longgar yang membuat air mudah mengalir. Jika pemupukan dan pengairan dilakukan dengan benar, perawatan selanjutnya sama seperti perawatan kelapa sawit secara umum yaitu penyemprotan tanaman. Karena, apa apa saja jenis perawatan kelapa sawit di lahan gambut yang paling utama adalah pemupukan dan pengairan.

Loading...
Selanjutnya : Proses Pencernaan Makanan dalam Mulut
Sebelumnya: Makanan Menaikkan Kadar Asam Urat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar