Jenis Permainan Pramuka yang Menyenangkan

Pramuka adalah akronim dari praja muda karana yang berdiri tanggal 14 Agustus 1961 dan semenjak itu setiap diperingati sebagai hari pramuka. Setiap pelatihan yang dilakukan tentu ada permainan pramuka yang menyenangkan. Permainan tersebut dibuat agar peserta yang mengikuti pelatihan tidak merasa bosan dan jenuh.

Ada banyak jenis permainan yang dilakukan dan tentunya setiap masing- masingnya mempunyai maksud dan tujuan sendiri. Aneka permainan tersebut ada yang melatih strategi, kecakapan berkomunikasi, melatih para peserta untuk dapat bekerja sama,  menjaga kekompakkan dalam satu regu, melatih keberanian, melatih sikap kepemimpinan, bahkan ada yang mencakup.

Jarang sekali permainan yang ada hanya untuk satu orang, kebanyakan permainan ditujukan untuk dilakukan dalam formasi beregu.

Dalam setiap regu terdiri dari minimla sembilan sampai dengan sepuluh orang dan diketuai salah satu dari mereka. Pembagian kelompoknya dilakukan berdasarkan jenis kelamin. Permainan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

1.    Loncat berantai

Setiap regu membentuk barisan, lalu kemudian semua anak membentuk posisi membungkuk layaknya posisi rukuk di dalam solat kecuali anak yang berada paling belakang.

Setelah semua siap tugas anak yang paling belakang melompati anak di depannya sampai dengan yang ada di depan sekali. Setelah itu, berlari menuju garis finis, perwakilan regu yang paling duluan sampai di garis finis adalah pemenangnya.

2.    Rantai nama

Permainan ini dibuat agar semua anggota grup saling mengenal satu sama lain. Di awal permainan yang dilakukan adalah pemain pertama menyebutkan namanya dengan suara yang lantang.

Kemudian peserta yang lainnya menyebutkan namanya dan juga menyebutkan nama yang disebelahnya begitu seterusnya. Selanjutnya apabila putaran pertama telah selesai penyebutan diulang dari nama yang terakhir hingga yang pertama dengan aturan yang sama dan apabila ada yang  salah  dalam penyebutan akan diberi sanksi.

3.    Buat Barisan

Permainan ini dimainkan dengan cara membentuk barisan sesuai apa yang diinginkan oleh pemandu, misalnya menginginkan barisan berdasarkan abjad, berarti yang namanya dengan abjad A berada paling depan dan abjad yang lain menyusul.

Jika menginginkan berdasarkan tinggi badan, maka yang paling tinggi berada di depan, serta diikuti oleh peserta yang lebih pendek. Peserta  yang paling cepat dan benar adalah pemenangnya.

Demikian sekilas mengenai permainan pramuka yang menyenangkan yang dapat Anda praktekan bersama teman-teman pramuka Anda. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Berbagai Bukti Kabah Sebagai Pusar Dunia
Sebelumnya: Football Winning Eleven Games, Game dengan Sejuta Penggemar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar