Jenis Respirasi pada Manusia


Pengertian dari respirasi menurut istilah biologi adalah suatu proses perpindahan energi yang dilakukan oleh makhluk hidup melalui pemecahan senyawa berenergi tinggi untuk digunakan di dalam fungsi kehidupan. Jenis respirasi pada manusia dapat dibedakan berdasarkan tempat berlangsungnya respirasi dan berdasarkan keterlibatan oksigen di dalam proses respirasi.

Respirasi pada Manusia

Jenis dari respirasi berdasarkan tempat berlangsungnya proses respirasi yaitu pernapasan eksternal, pernapasan internal dan pernapasan seluler. Pernapasan eksternal yaitu proses masuknya udara dari luar menuju ke paru-paru. Pernapasan internal yaitu proses pertukaran gas antara organ paru-paru dengan jaringan darah. Pernapasan seluler yaitu proses pertukaran gas antara jaringan darah dengan sel-sel tubuh.

Jenis dari respirasi berdasarkan keterlibatan oksigen di dalam proses respirasi yaitu respirasi aerob dan respirasi anaerob. Respirasi aerob merupakan proses respirasi yang melibatkan oksigen. Proses respirasi aerob terdiri dari 3 tahap yaitu glikolisis pemecahan glukosa menjadi asam piruvat, siklus krebs reaksi reduksi molekul asetil CoA menghasilkan asam oksalat dan asam sitrat serta tranpor elektron menghasilkan uap air dan ATP. Respirasi anaerob merupakan proses respirasi yang tidak melibatkan oksigen.

Mekanisme pernapasan pada manusia ada 2 macam yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Pernapasan dada adalah proses pernapasan yang melibatkan otot antar tulang rusuk atau interkostalis. Pernapasan perut merupakan proses pernapasan yang mekanismenya melibatkan aktifitas dari otot-otot diafragma yang membatasi rongga dada dan rongga perut.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses respirasi yaitu usia, jenis kelamin, suhu tubuh, posisi tubuh dan aktivitas. Pada anak-anak organ respirasi masih mengalami perkembangan menjadi organ respirasi yang lebih sempurna. Organ respirasi antara perempuan dan laki-laki memiliki perbedaan.

Beberapa gangguan yang dapat terjadi pada sistem respirasi yaitu pneumonia, tuberkulosis, sinusitis, renitis, pembengkakan pada kelenjar limfe di sekitar tekak dan hidung yang dapat mempersempit jalan napas, pleuritis, bronkitis, influenza dan emfisema.

Pengetahuan tentang jenis dari respirasi pada manusia dapat menambah wawasan tentang macam-macam jenis respirasi, faktor yang mempengaruhi jalannya respirasi dan gangguan yang dapat terjadi pada sistem respirasi.

Selanjutnya : Memberi Makanan Kura Kura
Sebelumnya: Berbagai Jenis Pendekatan Deskripsi dalam Tulisan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar