Jenis Sayur Tinggi Serat yang Baik Untuk Tubuh


Tubuh membutuhkan serat yang cukup setiap harinya guna membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Sehingga ampas-ampas makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dapat terbuang dalam bentuk feses. Oleh karena itu jika tidak dengan buah, maka jenis sayur tinggi serat harus ada dalam menu makanan kita sehari-hari.

Apa saja sayur yang mengandung serat yang tinggi tersebut? Berikut diantaranya:

• Mentimun

Selain berfungsi untuk menurunkan darah tinggi, timun juga baik untuk mendinginkan perut dan membantu proses pembuangan ampas-ampas makanan dari dalam perut. Kandungan kalium, magnesium,fosfor, dan vitamin C terpercaya sangat baik untuk tubuh.

• Daun Selada

Sayuran yang biasa dimakan dalam keadaan mentah ini kaya akan kandungan karotenoid, kalsium, dan kalium yang berperan besar dalam memperbaiki organ-organ bagian dalam, melancarkan metabolisme, mencegah terjadinya panas dalam, mencegah terjadinya kulit kering, menyuburkan rambut, serta mengatasi insomnia.

• Pare

Tidak banyak yang suka dengan jenis sayuran yang satu ini dikarenakan rasanya yang pahit. Padahal kandungan serat pada pare ini sangatlah tinggi sehingga selain baik untuk melancarkan pencernaan, pare juga sangat bagus untuk mengatasi diabetes, liver, penyakit stroke, memperbanyak ASI, mengobati sariawan, dan menurunkan kadar kolesterol darah.

• Seledri

Daun seledri adalah daun yang biasa digunakan untuk menu-menu berkuah seperti bakso, sup, mi rebus, dan lain-lain. Dalam 100 gram seledri mengandung serat hingga 1,5 gram sehingga dapat juga dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, anti kanker, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menetralkan gula darah, dan menetralkan asam lambung.

• Kol

Jenis sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi lainnya adalah kol. Dalam 100 gram kol mengandung 0,9 gram serat. Selain seratnya sangat baik untuk pencernaan, 100 gram sayuran kol yang diolah tanpa bahan penyedap rasa dapat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan tumor dan membantu melawan sel kanker.

• Bayam

Dengan kandungan serat sebanyak 2,8 gram dalam setiap 100 gram bayam, provitamin A, zat besi, magnesium, kalium dan vitamin C, maka bayam sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari.

Demikian jenis sayur tinggi serat yang baik untuk tubuh. Sudahkah salah satunya Anda konsumsi hari ini?

Selanjutnya : Aplikasi untuk Internetan Gratis
Sebelumnya: Perilaku Sinchan Yang Kontroversial
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar