Jenis Suara Penyanyi Pria dan Wanita


Suara adalah sesuatu yang dihasilkan oleh getaran pita suara yang ada di tenggorokan. Jenis getaran ini pun bermacam-macam hingga menghasilkan suara yang bermacam-macam pula.

Hal ini tentunya sangat dbutuhkan bagi orang-orang yang berprofesi sebagai seorang penyanyi. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis suara penyanyi. Jenis suara penyanyi yang biasa ditemukan pada umumnya antara lain sebagai berikut.

Sopran

Sopran adalah jenis suara pada wanita dengan ambitus tinggi, yaitu pada nada c1 sampai c3. Ambitus ini bisa terus ditingkatkan dengan rutin melakukan latihan.

Jenis suara sopran untuk penyanyi ini lebih banyak divariasikan dan disesuaikan dengan jenis lagu yang dibawakan. Ada tiga macam jenis suara sopran yakni soprano dramatik, soprano lirik, dan soprano pewarna.

Soprano dramatik digunakan pada saat suara yang dihasilkan sangat bertenaga dan juga ekspresif. Soprano lirik digunakan pada saat suara manis dan ringan wajib untuk dihasilkan, sedangkan soprano perwana dapat dinyanyikan dengan ambitus yang cukup tinggi dan dinyanyikan tangkas.

Alto

Alto adalah jenis suara pada wanita yang paling rendah yaitu pada nada f sampai d2. Untuk penyanyi paduan suara, jenis suara ini diletakkan pada kelompok dengan suara kedua tertinggi. Jenis suara alto perempuan dan laki-laki hampir sama dan memiliki tingkat ambitus tertentu.

Ciri dari jenis suara alto ini adalah suara yang rendah, berat, dan dalam. Untuk penyanyi, ada lagu-lagu khusus yang dinyanyikan oleh penyanyi yang memiliki suara jenis ini.

Tenor

Tenor merupakan jenis suara yang sama dengan sopran yaitu berambitus tinggi. Namun sebuatan ini digunakan untuk suara pria. Seorang pria yang memiliki jenis suara ini terkesan jantan dan bertenaga. Untuk rentang nadanya sendiri, seorang penyanyi dengan jenis suara tenor mampu mencapai nada B sampai g1.

Bass

Bass adalah jenis suara yang memiliki ambitus rendah dan disebutkan khusus untuk pria. Untuk rentang nadanya sendiri yaitu E dan c1.

Jenis suara bass ini dibagi lagi dalam 4 jenis yaitu bass profondo yaitu bass yang paling rendah, bass cantante yaitu jenis suara dengan karakter manis dan ringan, bass buffo yakni jenis suara yang tangkas, dan yang terakhir bass baritone yakni jenis suara bass yang kuat.

Demikianlah jenis suara penyanyi yang secara umum dikenal. Semoga informasi ini dapat membantu dan memberi pengetahuan baru bagi Anda.

Selanjutnya : Berapakah Biaya Kirim Motor JNE?
Sebelumnya: Ini Dia Tanaman yang Daunnya Mirip Pohon Asem
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar