Jenis Sungai Berdasarkan Alirannya

Jenis sungai berdasarkan alirannya harus dipelajari oleh anak-anak sekolah yang sedang mendalami ilmu geografi. Sungai merupakan kumpulan air yang mengalir secara terus menerus yang berasal dari sumbernya, yakni dari hulu menuju ke muara. Sungai mempunyai beberapa klasifikasi dan jenis-jenisnya tersendiri.

Sungai Berdasarkan Alirannya

Sungai pastinya akan tetap mengalir dari hulu ke muara. Tetapi, meskipun demikian, secara lebih khusus, sungai mempunyai arah-arah aliran yang berbeda. Inilah beberapa jenis sungai yang dibedakan oleh jenis alirannya

• Sungai anteseden

Suatu sungai mempunyai kekuatan erosi ke dalam, nah jika kekuatan ini seimbang dengan pengangkatan daerah yang dilalui oleh aliran sungai itu, maka sungai tersebut termasuk jenis sungai anteseden

• Sungai insekuen

Aliran sungai ini tidak menentu karena airnya tidak mengikuti lapisan batuan. Dengan demikian bisa dikatakan sungai ini alirannya berpencar.

• Sungai reverse

Sungai ini mempunyai kebalikan dari sungai anteseden. Kekuatan erosi yang dimiliki sungai ini tidak seimbang dengan pengangkatan daerah yang dilalui oleh aliran sungai itu. Sehingga, air yang mengalir tidak mampu melompat atau dengan kata lain akan mencari bidang yang lebih rendah untuk bisa mengalir.

• Sungai resekuen

Sungai ini arah alirannya teratur mengikuti medan lereng yang dilaluinya.

• Sungai subsekuen

Sungai ini mengalir di antara bebatuan dan mengikuti kontur dari batuan-batuan yang dilaluinya.

• Sungai konsekuen

Sungai jenis ini dapat dilihat pada lereng awal. Jika aliran airnya mengikuti bidang atau medan lereng awal, maka ini adalah jenis sungai konsekuen.

Fungsi utama sungai

Sungai mempunyai fungsi utama sebagai jalan air dari hulu atau pegunungan menuju tempat yang lebih rendah atau muara. Sayang sekali, banyak orang yang mengotori dan mencemari fungsi dari sungai itu sendiri. Mereka membuang limbah dan sampah ke sungai. Dampak yang didapatkan adalah tercemarnya air yang tadinya bersih dan menjadikannya sebagai sumber penyakit. Selain itu, berbagai bencana alam juga bisa ditimbulkan oleh tumpukan sampah di sungai.

Banjir dan luapan air sungai dikarenakan sungai tidak lagi mampu menampung debit air, sehingga meluap. Sungai yang tadinya lebar dan dalam, lama-lama menjadi semakin sempit dan dangkal disebabkan tumpukan material yang bukan bagian dari elemen sungai itu, Contohnya adalah lumpur yang dihasilkan dari molekul kecil yang terbuang saat sebuah pabrik besar membuang limbahnya ke sungai.

Itulah sedikit pembahasan mengenai jenis sungai berdasarkan alirannya dan fungsi utama sungai itu sendiri. Semoga bermanfaat.

 

Loading...
Selanjutnya : Jenis Stik Golf
Sebelumnya: Ciri-ciri Ikan Hias Guppy Akan Beranak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar