Job-Desk Marketing


Job-Desk Marketing pemasaran adalah melakukan kegiatan dibidang penjualan. Banyak orang yang menganggap marketing dan penjualan merupakan hal yang sama, padahal tidak seperti itu. Pada dasarnya penjualan adalah bagian dari marketing, otomatis dalam kegiatan marketing pemasaran mencakup juga penjualan bahkan lebih luas dari penjualan itu sendiri.

Definisi Marketing Pemasaran

Jika didefinisikan, marketing pemasaran adalah suatu kegiatan yang menyeluruh dengan adanya planning atau perencanaan yang dilakukan oleh suatu institusi atau perusahaan dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan dan keinginan pasar dengan cara membuat barang kemudian menetapkan harga dan menginformasikan dan mendistribusikannya.

Proses distribusi dilakukan dengan cara kegiatan jual beli antara perusahaan dan pelanggan.

Tugas Marketing Pemasaran

Secara garis besar job desk marketing pemasaran adalah sebagai  berikut:
1.    Marketing pemasaran harus dapat menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan para pelanggan dan juga calon pelanggan.
2.    Marketing pemasaran melakukan maintenance terhadap seluruh pelanggan perusahaan.
3.    Bertugas menjaga dan meningkatkan banyaknya hasil penjualan.
4.    Menyiapkan dan mencari calon konsumen baru
5.    Melakukan penaksiran pendapatan calon klien atau yang sudah menjadi klien, hal ini bertujuan untuk medapatkan kepastian mengenai investasi yang dimiliki oleh klien.
6.    Melakukan analisis data dan lapangan, lalu membuat stategi pemasaran berdasarkan data yang diperoleh.
7.    Strategi yang sudah disusun direkomendaikan. Strategi yang digunakan harus sesuai dan menguntungkan keduabelah pihak, baik pihak perusahaan ataupun pihak klien.
8.    Marketing pemasaran harus menjalin komunikasi yang baik dengan para pelanggan.
9.    Harus memiliki penampilan yang menarik yang dapat mempertahankan pelanggan yang telah ada untuk meneruskan menggunakan prodak atau jasa dari peusahaan dan ketertarikan calon pelanggan untuk menjadi pelanggan.
10.    Memastikan apa yang sudah dicapai apakah sudah sesuai dengan target penjualan atau yang menjadi tujuan perusahaan,
11.    Membuat catatan setiap hasil penjualan dan melaporkannya kepada pimpinan secara tertulis.

Posisi atau tugas marketing pemasaran menjadi tugas yang sangat penting dan menentukan sebuah perusahaan, karena marketing bisa diibaratkan sebagai penghubung antara perusahaan dan masyarakat langsung.  Oleh karenanya, perusahaan harus memberikan perhatian, berupa pelatihan untuk meningkatkan kemampuan marketing agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

Demikian informasi mengenai Job-Desk marketing pemasaran, jika Anda tertarik pada bidang tersebut sudah seharusnya dari sekarang mempelajari dan mengasah kemampuan Anda di bidang pemasaran. Semoga bermanfaat bagi anda.

Selanjutnya : Jodoh dengan Lelaki Muda
Sebelumnya: Cara Mengubah Tema Keseluruhan Google Chrome
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar