Membuat Judul Cerita Liburan


Liburan adalah saat yang selalu dinanti setiap orang. Tidak hanya anak-anak sekolah saja, para pekerja kantor, karyawan, pengajar dan profesi lainnya pun pasti menantikan datangnya hari libur. Khususnya bagi anak sekolah, setiap liburan yang dijalani harus membawa oleh-oleh cerita untuk memenuhi tugas dari gurunya. Hari-hari indah mengisi liburannya harus dituangkan dalam tulisan.

Setiap cerita pasti memiliki judul yang menjadi acuan terhadap isi yang akan diceritakan. Judul dalam cerita biasanya tidak terlalu panjang, akan tetapi dengan kata-kata yang singkat, sederhana dan jelas. Selain harus menarik, judul cerita liburan juga biasanya sesuai dengan apa yang telah dilakukannya.

Dalam membuat judul cerita, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui isi yang akan diceritakan. Hal ini dilakukan agar judul dan isi cerita tidak bertolak belakang atau tidak relevan. Pembuatan  judul ada yang dituliskan di awal sebelum penulisan isi cerita, atau ditulis terakhir  setelah menceritakan isinya.

Berikut beberapa contoh judul cerita bertemakan  Liburan: Satu minggu Berlibur di Pantai Pangandaran, Keindahan Taman Bunga Nusantara di Hari Libur, Suka Cita Berlibur di Ancol,liburan dengan  Suasana Pedesaan, dan Liburan Akhir Pekan di Gunung Gede Pangrango.

Untuk membuat sebuah cerita liburan terkadang tidak harus sesuai dengan kenyataannya. Adakalanya seseorang membuat cerita fiksi atau bersifat khayalan. Cerita yang disuguhkannya pun hanyalah hasil dari pemikirannya bukan dari pengalamannya.

Berbeda dengan cerita liburan fiksi, cerita liburan non fiksi harus ditulis berdasarkan pengalaman yang telah dialami. Isi yang ada dalam cerita harus terbukti dan sesuai kenyataannya. Cerita liburan bentuk ini tentunya memiliki keuntungan lebih bagi si penulis. Pengalaman yang didapat dari liburannya menjadi bahan dasar untuk bercerita dan penulis hanyalah menulis dengan mengingat segala apa yang terjadi.

Liburan yang penuh kesan biasanya akan menciptakan judul cerita yang menarik untuk di baca. Oleh karena itu judul cerita liburan diusahakan harus mempunyai daya tarik yang membuat si pembaca  merasa penasaran untuk membaca atau mendengarkan ceritanya.

Semoga informasi ini memberi manfaat ya bagi yang membaca.

Selanjutnya : Belajar Cara Pijat Refleksi Otodidak
Sebelumnya: Kekurangan Menggunakan Spanduk
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar