Judul Kartun Jepang Favorit Era 90-an


Judul kartun Jepang favorit tiap orang pasti berbeda-beda. Namun bagi mereka yang menghabiskan masa kecilnya di dekade 90-an hingga 2000-an pasti akrab dengan serial animasi Doraemon, Dragon Ball, hingga Detektif Conan. Itulah beberapa serial animasi negeri Sakura yang lekat di hati pemirsa layar kaca Indonesia hingga dewasa ini.

Doraemon

Serial kartun Jepang ini diangkat dari komik fenomenal karya karikatur tersohor Fujiko F. Fujio. Di Indonesia, serial Doraemon ditayangkan di empat stasiun televisi; TVRI, RCTI, SCTV, dan Indosiar. Di TVRI, Doraemon menemani adik-adik di depan layar kaca sejak 6 November 1988 hingga 24 Juni 2001.

Di RCTI serial ini tayang sejak 6 November 1988 hingga hari ini. Doraemon pernah pula diputar di SCTV mulai 13 Juni 1990 hingga 19 Mei 1996. Pun juga pernah hadir di layar Indosiar sejak 6 November 1994 hingga 10 November 1996.

Doremon bercerita tentang sosok robot kucing ajaib masa depan (Doremon) yang membantu anak SD ceroboh, kurang cerdas, dan suka membuat masalah (Nobita). Doraemon membantu Nobita dengan mengeluarkan alat-alat canggih dari kantong ajaibnya.

Dragon Ball

Kartun Jepang favorit selanjutnya adalah Dragon Ball. Serupa dengan Doraemon, kartun ini diangkat dari sebuah komik fenomenal dengan judul yang sama karya Akira Toriyama. Tak sekadar jadi kartun animasi, Dragon Ball bahkan pernah dibuat film layar kaca dengan tajuk Dragon Ball: Evolution (2009).

Di layar kaca televisi serial animasi Dargon Ball hadir di Indosiar. Kartun ini miliki alur cerita seorang anak kuat, berani, dan tanguh (Songoku) yang berpetualang bersama gadis cerdas, cantik, dan kaya (Burma). Mereka kemudian berkeliling dunia mencari Dragon Ball, 9 bola ajaib yang apabila terkumpul bisa kabulkan permintaan apapun.

Detektif Conan

Serial kartun Jepang terakhir yang cukup populer di tanah air adalah Detektif Conan. Serial kartun animasi yang dibuat berdasar komik karya Gosho Aoyama ini tayang di dua stasiun televisi Indonesia; SCTV (1997-2005) dan Indosiar (2000-2008). Pencipta komik Detektif Conan mengaku terinspirasi dari karya fenomenal Sir Arthur Conan Doyle, Sherlock Holmes (novel).

Detektif Conan miliki alur cerita seorang detektif muda SMA (Shinichi Kudo) yang menyusut tubuhnya akibat pengaruh obat jahat. Ia dan kekasihnya (Ran Mouri) pecahkan kasus demi kasus kejahatan pelik guna menyibak pelbagai skadal di tiap episodenya. Karena kisah ini masuk ke ranah detektif, misteri, dan kriminal, Detektif Conan jadi judul kartun Jepang favorit hampir di semua kalangan usia hingga hari ini.

Selanjutnya : Kandungan Gizi Bubur Kacang Hijau
Sebelumnya: Arti Iklan Sosial atau Iklan Layanan Masyarakat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar