Referensi Judul Skripsi Pendidikan


Menjelang semester tujuh biasanya mahasiswa dihadapkan pada permasalahan yang cukup dilematis, yaitu menyusun skripsi. Semua mahasiswa pasti akan mengalami saat-saat dimana akan menyusun skripsi bagi mahasiswa program sarjana. Sebenarnya menentukan judul dan isu yang akan diangkat pada skripsi kita harus sudah dipikirkan sejak kita pertama kali memasuki perguruan tinggi. Paling tidak kita harus tahu apa yang akan kita tulis nanti ketika berada pada fase skripsi. Namun jarang bahkan tidak ada terpikir sama sekali mahasiswa yang sudah merancang topik penelitiannya di awal-awal memasuki perguruan tinggi.

Membuat judul skripsi khususnya judul skripsi tentang pendidikan ternyata bukan hal mudah. Kita lihat saja di luar sana masih banyak mahasiswa yang sengaja atau tidak sengaja menunda kelulusannya hanya karena terkendala masalah pemilihan judul skripsi yang kurang tepat. Dalam menyusun skripsi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya tingkat kesulitan pembuatan skripsi dan kapan waktu yang tepat untuk penelitian. Selain itu mahasiswa yang akan menyusun skripsi harus rajin-rajin berkunjung ke perpustakaan untuk mencari referensi bacaan dan membaca skripsi-skripsi sebelumnya untuk menentukan judul.

Contoh judul skripsi tentang pendidikan antara lain, Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Jari Tangan pada SD Negeri X Tahun 20XX,  Efektivitas Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Review) Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Agama Islam di SD Negeri X, Implementasi Model Pembelajaran Guru Ramah Anak pada Pendidikan Jasmani dan Kesehatan pada SMP Negeri X.

Langkah pertama dalam menyusun skripsi adalah Anda harus fokus kepada mata kuliah yang menarik perhatian Anda. Berawal dari ketertarikan terhadap mata kuliah tertentu mulai mencari isu yang sedang hangat menjadi berita. Setelah menemukan isu yang akan diangkat sebagai penelitian skripsi, mulai tentukan instrumen penelitian yang tepat kemudian metode penelitian, penelitian, hasil dan pembahasan sampai pada tahap akhir yaitu kesimpulan dan saran.

Kunci utamanya adalah konsisten dan fokus saja pada satu mata kuliah tertentu untuk mencari tema skripsi. Karena apabila terlalu banyak opsi juga dapat memecah belah pemikiran. Jangan jadikan skripsi sebagai horror karena sebenarnya skripsi itu seperti menulis karya tulis biasa, hanya saja penggunaan skripsi disini sebagai syarat kelulusan seorang mahasiswa. Sukses dalam menyusun skripsi dan semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Resep Kentang Balado
Sebelumnya: Ramalan Pasangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar