Keunikan Jumlah Etnis di Indonesia

Jumlah etnis di Indonesia sangat banyak sehingga sulit untuk mengetahui jumlahnya secara pasti. Banyaknya pulau-pulau di Indonesia merupakan penyebab dari beragamnya etnis yang berkembang di masyarakat. Di satu pulau saja terdapat berbagai macam etnis yang hidup dan berkembang. Contohnya ada beberapa etnis yang hidup di pulau Jawa seperti suku Jawa, suku Sunda, suku Betawi, suku Badui, atau suku Tengger. Itu baru merupakan etnis yang diketahui. Namun, pada kenyataannya masih banyak etnis yang belum diketahui keberadaannya.

Memiliki Keanekaragaman Budaya

Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah etnis di Indonesia ada sekitar 1128 suku dan tersebar di seluruh pelosok tanah air. Setiap etnis yang ada memiliki keanekaragaman dan adat istiadat yang berbeda dengan etnis lainnya. Hal ini akan memperkaya budaya yang ada di nusantara. Keunikan budaya yang beraneka ragam ini menarik minat banyak orang dari luar negeri untuk mengunjungi Indonesia.

Bahasa daerah merupakan salah satu keunikan dari keanekaragaman etnis ini. Setiap etnis memiliki bahasa daerah sendiri. Hal ini juga dapat memperkaya ragam bahasa di Indonesia. Namun bahasa pemersatu tetap memakai bahasa Indonesia untuk berkomunikasi antaretnis.

Rumah adat yang berbeda antara satu etnis dengan etnis lainnya menjadi warisan budaya yang harus dilestarikan. Rumah adat dapat menjadi penanda khusus bagi etnis tersebut karena rumah adat mempunyai ciri-ciri dari etnis itu. Dengan jumlah etnis di Indonesia yang beragam, maka akan diperoleh rumah adat yang beragam pula.

Melestarikan Kebudayaan

Kebudayaan tradisional yang diperoleh dari beragam etnis di Indonesia sekarang sudah mulai jarang dipelajari oleh generasi muda. Mereka cenderung lebih menyukai budaya dari luar dan tidak tertarik untuk mempelajari kebudayaan tradisional. Padahal, banyak orang dari luar negeri ingin mempelajari kebudayaan tradisional di Indonesia. Hal ini sangat mengkhawatirkan apabila nanti di kemudian hari kebudayaan tradisional Indonesia diakui oleh negara lain.

Pengaruh kebudayaan dari luar negeri memang banyak menarik minat generasi muda. Kebudayaan yang praktis dan modern akan dapat menggerus ketertarikan pada kebudayaan tradisional. Mereka kurang menyukai pakaian tradisional dan tarian tradisional yang menurut mereka tidak modern.
Pelestarian kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam harus dilakukan agar kekayaan Indonesia tidak punah dan tidak diakui oleh negara lain. Jumlah etnis di Indonesia yang beragam merupakan kekayaan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Rumah adat dan pakaian tradisional yang unik dapat menjadi aset bagi pariwisata Indonesia.

Selanjutnya : Ideologi Lewat Ilustrasi Sapi
Sebelumnya: Ucapan Ultah Harapan, Harapan dalam Ucapan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading