25 Jumlah Para Nabi dan Rasul yang Wajib Diimani

 

Di dalam pelajaran Ilmu Tauhid, salah satu rukun Iman yang wajib diimani atau diyakini adalah beriman kepada Nabi dan Rasul Allah. Di dalam al-Qur’an dimaktubkan ada 25 jumlah para Nabi dan Rasul yang wajib diimani. Yaitu:

  1. 1Adam
  2. Idris
  3. Nuh
  4. Hud 
  5. Yunus
  6. Ilyas
  7. Ilyasa’
  8. Daud
  9. Ishaq
  10. Ibrahim
  11. Luth
  12. Musa
  13. Dzulkifli
  14. Yahya
  15. Zakaria
  16. Isa
  17. Syaib
  18. Shalih
  19. Ayyub
  20. Harun
  21. Yusuf
  22. Ya’kub
  23. Sulaiman
  24. Ismail
  25. Muhammad

Sifat-sifat Rasul

Selain mempercayai ke 25 Nabi dan Rasul Allah Swt tersebut, juga wajib mengetahui dan mengimani empat sifat yang wajib, empat sifat yang mustahil dan satu sifat yang jaiz bagi Rasul. Empar sifat yang wajib dan empat sifat yang mustahil, ialah:

  1. Amanah. Para Rasul Allah wajib bersifat amanah dan mustahil bersifat khianat.
  2. Shiddiq. Para Rasul Allah wajib bersifat shiddiq (jujur) dan mustahil bersifat khadzib (dusta atau berbohong).
  3. Tabligh. Para Rasul Allah wajib bersifat fathanah (cerdas) dan mustahil bersifat ghaflah (pelupa).
  4. Taglih. Para Rasul Allah wajib bersifat tabligh (menyampaikan) dan mustahil bersifat kitman (menyembunyikan).

Sedangkan satu sifat yang jaiz (boleh) bagi Rasul adalah boleh saja melakukan apa-apa yang biasa dilakukan oleh manusia biasa, asalkan tidak menurunkan derajat mereka yang sangat tinggi dan luhur tersebut. Misalnya, para Rasul boleh menikah, tidur, makan dan sebagainya.

Namun penting menjadi perhatian, bahwa ada perbedaan antara rasul dengan nabi. Rasul adalah orang yang diberi wahyu oleh Allah yang berisi syariat (peraturan agama) dan wajib menyampaikannya kepada umat. Sedangkan nabi tidak. Ia mendapatkan wahyu dari Allah, namun tidak ada perintah untuk menyampaikannya kepada umat. Misalnya saja ihwal Nabi Khaidir. Namanya tak disebutkan di dalam al-Qur’an, namun ia diimani sebagai nabi. Ia pun tak pernah menyampaikan wahyunya kepada umat.

Maka siapa yang ditetapkan Allah Swt menjadi Rasul, maka otomatis ia menjadi nabi juga. Sedangkan yang menjadi Nabi tidaklah menjadi rasul. Maka dari itu, 25 jumlah para nabi dan rasul yang disebutkan di atas yang sudah pasti dan tak akan ada perubahan lagi. Tidak ada lagi nabi dan rasul setelah Muhammad saw.

Loading...
Selanjutnya : Macam-macam Paruh Burung Secara Ilmiah
Sebelumnya: Cari Contoh Dokumen Marketing Plan Sebuah Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar