Bahasan Jurnal Fungsi Kebudayaan

Sebuah jurnal fungsi kebudayaan tentunya akan membahas mengenai fungsi dari kebudayaan itu sendiri. Kebudayaan yang merupakan hasil dari karya, rasa, dan kasra yang dimiliki oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya.

Dalam hal isi bahasan dari sebuah jurnal maka terdapat beberapa poin yang harus ada dalam suatu jurnal tersebut. Jurnal yang khusus membahas mengenai fungsi budaya. Poin-poin ini akan menjadi satu bagian yang saling terkait satu sama lain dalam hubungannya dengan kebudayaan secara keseluruhan.

Sebuah Pedoman

Salah satu fungsi dari kebudayaan adalah untuk menjadi sebuah pedoman. Menjadi petunjuk untuk terjalinnya sebuah hubungan antar sesama manusia maupun antar kelompok yang baik. Dengan adanya kebudayaan maka setiap individu atau kelompok dapat mengetahui perilaku apa yang seharusnya dilakukan  dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam hubungan tersebut.

Sebagai Suatu Wadah

Fungsi lainnya dari kebudayaan yaitu sebagai suatu wadah untuk mengekspersikan berbagai bentuk perasaan. Begitupun dengan sektor-sektor lain yang terbentuk dalam kehidupan manusia di suatu kelompok masyarakat.  Kebudayaanlah yang menjadi tempat untuk berlangsungnya berbagai proses dalam kehidupan bermasyarakat ini.

Pembimbing

Fungsi kebudayaan lainnya yaitu untuk dijadikan sebagai pembimbing. Menjadi petunjuk  yang mengarahkan berbagai langkah yang harus dilakukan dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Kebudayaan yang membimbing berbagai ucap, langkah dan laku manusia dalam sebuah kehidupan bersama.

Keistimewaan Manusia

Fungsi lainnya dari kebudayaan adalah sebagai bentuk dari keistimewaan manusia. Dengan kebudayaan inilah manusia bisa dibedakan dari binatang. Hanya manusia yang mampu menciptakan kebudayaan, lain halnya dengan hewan dengan hukum rimbanya. Siapa yang mampu bertahan dengan perubahan alam dan isinya maka dialah yang menang.

Kehidupan yang  Lebih Baik

Dengan adanya kebudayaan maka dapat tercipta sebuah kehidupan yang lebih baik. Membuat manusia lebih manusiawi dan berperikemanusiaan. Hal ini mengacu pada pengertian kebudayaan itu sendiri yang tiada lain adalah merupakan sebuah arah dari tindakan dan pikiran. Bagaimana cara yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar dari setiap manusia. Kebutuhan itu tiada lain adalah kebutuhan jasmani dan rohani.

Dengan poin-poin tersebut maka lengkaplah bahasan sebuah jurnal fungsi kebudayaan. Jurnal yang membahas secara terperinci mengenai masing-masing poin yang merupakan fungsi dari kebudayaan.

Salah satunya mengenai bagaimana peran kebudayaan ini dalam menjalankan berbagai fungsi budaya yang diemban dari sebuah kebudayaan. Menunjukan bahwa dengan kebudayaan dapat membuat manusia hidup dengan berbagai peradaban yang mengikuti jaman.

Selanjutnya : Mungkinkah Penelitian Kualitatif dengan Rumus Statistik?
Sebelumnya: Mengenal Jenis Batu Akik Jalak Air yang Unik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini