Jurnal Ilmiah Etika Bisnis


Jurnal ilmiah etika bisnis ini mengambil kasus antara Firestone dan Ford terkait dengan kecelakaan yang terjadi beberapa kali pada mobil Ford yang menggunakan ban Firestone.

Kecelakaan Ford dengan Ban Firestone

  • Seorang pemandu sorak SMP tewas dalam mobil Ford yang dikendarai oleh teman ibu pemandu sorak tersebut. Kecelakaan tersebut terjadi akibat terkelupasnya ban belakang kiri Firestone yang dipakai pada mobil Ford.
  • Ketika keluarga Victor Rodriguez  dalam perjalanan menuju rumah sakit, terjadi letusan yang berasal dari ban Firestone dan mengakibatkan kendaraan takdapat dikendalikakn. Kecelakaan ini melempar 5 orang penumpang dan menewaskan anaknya yang berumur 10 tahun.

Kronologi Kasus Ford dan Firestone

Hingga Februari 2000 telah terjadi lebih dari 1.100 kecelakaan dan 57 tuntutan ditujukan kepada Firestone. Sedangkan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menerima sekitar 50 keluhan dari konsumen Firestone.  Jumlah keluhan bertambah sekitar 30-40 sejak masalah ini disiarkan di televisi. Dari hasil penyelidikan, ditemukan bahwa telah terdapat 6,5 juta produk cacat Firestone.

Pihak Firestone secara sukarela menarik produk-produk tersebut mulai 9 Agustus 2000.  Tetapi pada bulan September 2000, hanya sekitar 2 juta produk Firestone yang ditarik dari pasaran, karena menurut pihak Firestone, mereka belum mempunyai persediaan ban yang cukup untuk mengganti produk cacat yang ada di pasaran tersebut.

Firestone membela diri dengan memberikan pernyataan bahwa pihak Ford yang seharusnya bertanggungjawab terhadap kecelakaan-kecelakaan yang terjadi pada mobil Ford yang menggunakan ban Firestone. Karena menurut Firestone, Ford memberikan anjuran tekanan ban kepada para konsumen Ford lebih rendah dari yang dianjurkan Firestone kepada Ford.

Masalah Etika Bisnis

Masalah etika utama dari kasus ini adalah sebenarnya baik pihak Firestone maupun Ford sudah menyadari adanya masalah yang terdapat pada ban tersebut.  Tetapi, kedua belah pihak tidak melakukan tindakan lebih lanjut untuk mencegah bertambahnya jumlah kecelakaan akibat ban Firestone yang digunakan pada mobil Ford.

Pihak Firestone terkesan tidak mau peduli terhadap keamanan produknya, dengan memilih untuk tidak menindaklanjuti klaim-klaim yang diajukan oleh para konsumennya.  Begitu pula dengan pihak Ford, mereka tetap menggunakan produk-produk dari Firestone meskipun Ford telah menyadari buruknya kualitas ban Firestone.

Masalah etika lain yang terjadi pada masalah ini adalah kedua belah pihak tidak mau bertanggungjawab dan justru saling menyalahkan. Pihak Firestone menyalahkan pihak Ford mengenai tekanan ban yang diaplikasikan pada mobil-mobil Ford dan adanya ketidakseimbangan pada mobil Ford Explorer yang mengalami kecelakaan.

Sedangkan pihak Ford berkelit bahwa kecelakaan-kecelakaan yang dialami oleh mobil Ford hanya disebabkan oleh masalah ban, sehingga jika ban Firestone diganti maka tidak ada masalah pada kendaraan Ford.

Dampak dari masalah etika bisnis ini adalah kedua perusahaan harus melakukan langkah-langkah untuk membangun kembali nama baik perusahaan mereka. Demikianlah contoh ulasan mengenai jurnal ilmiah etika bisnis.

Selanjutnya : Fungsi Museum Kota Tua pada Generasi yang Akan Datang?
Sebelumnya: Mengenal Morfologi Daun Begonia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar