Jurnal Pendidikan Teknologi Dasar di Sekolah

Pengertian Jurnal Pendidikan Teknologi Dasar

Jurnal Pendidikan Teknologi Dasar di Sekolah menjawab kebutuhan pasar akan tenaga ahli dan berkompeten dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal dapat diartikan sebagai catatan, tulisan mengenai sebuah topik yang dipublikasikan agar dapat dibaca banyak orang. Jurnal juga dapat diartikan sebagai tulisan koran, artikel, oleh karena itu seorang wartawan disebut juga sebagai jurnalis. Sedangkan menulis jurnal ilmiah cenderung dilakukan oleh civitas akademika, insan-insan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dan penelitian, mulai dari peneliti, ilmuwan, dosen, guru hingga mahasiswa.

Pendidikan Teknologi Dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi bagian dari kurikulum pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama yang merupakan kajian dari hubungan teknologi dan masyarakat, pemanfaatan produk dan sistem teknologi, perancangan dan pembuatan karya teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Diharapkan dengan belajar Pendidikan Teknologi Dasar siswa akan lebih memahami teknologi sehingga mampu terlibat aktif dalam pemanfaatan teknologi sekaligus pemanfaatannya bagi masyarakat.

Contoh Jurnal Pendidikan Teknologi Dasar

Sebagaimana syarat sebuah tulisan ilmiah lainnya, Jurnal Pendidikan Teknologi Dasar di Sekolah juga harus terdiri dari Latar Belakang (Abstrak) sebagai Pendahuluan, Pembahasan dan Kesimpulan. Contoh sederhananya dapat ditulis sebagai berikut:

Abstrak (latar belakang) dapat membahas tentang pesatnya perkembangan teknologi secara global, Indonesia sebagai Negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar selayaknya tidak ketinggalan dalam dunia ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK). Salah satu cara turut berpartisipasi dalam dunia teknologi adalah mempersiapkan generasi yang melek teknologi dan memperkenalkan IPTEK sejak dini.

Pendahuluan Jurnal dapat diisi dengan pengertian dan tujuan Pendidikan Teknologi Dasar. Salah satunya adalah definisi Pendidikan Teknologi Dasar menurut HJ.Grover yaitu pendidikan bagi siswa usia sekolah untuk mempelajari segala macam jenis bahan, proses, produk industry dan problematika yang berkaitan dengan dunia teknologi dalam kehidupan. Tujuan diadakannya Pendidikan Teknologi Dasar adalah agar siswa dapat bersikap kritis terhadap teknologi, mampu mengungkapkan pendapat tentang teknologi, mampu mengidentifikasi dampak positif dan negatif terhadap masyarakat, memiliki wawasan dalam memilih profesi yang berkaitan dengan teknologi serta mempunyai motivasi untuk belajar tentang teknologi lebih lanjut
Pembahasan jurnal dapat mengulas tentang peluang Pendidikan Teknologi Dasar dalam Kurikulum SLTP terhadap perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Keterkaitan perubahan zaman dengan tiga pilar teknologi dalam kurikulum tersebut, yaitu penanganan produk teknologi, pembuatan produk teknik serta hubungan teknologi dengan masyarakat akan membuat jurnal menarik untuk dibaca.

Jurnal Pendidikan Teknologi Dasar di Sekolah dapat ditutup dengan kesimpulan dan saran bahwa mata pelajaran tersebut sangat relevan dengan perkembangan zaman dan hendaknya ditingkatkan dengan menambah praktikum serta kunjungan ke daerah industri.

Loading...
Selanjutnya : Memilih Kado yang Berkesan untuk Pacar
Sebelumnya: Judul-judul Buku Karya Mira W
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar