Jurnal Tentang Pengertian Bahan Kimia


Setiap mendengar kata “Kimia” kita pasti terbayang zat berbahaya. Padahal definisi bahan kimia apalagi jurnal tentang pengertian bahan kimia tidaklah selalu tentang bahan berbahaya. Bahan kimia sejatinya semua materi di sekitar kita, yang menempati ruang, memiliki massa, dan tersusun dari senyawa atau unsur kimia.

Unsur kimia lengkap dapat dipelajari pada Tabel Periodik berikut ini yang merupakan susunan unsur-unsur kimia yang dilambangkan dengan huruf. Contohnya: H = Hidrogen, Ca = Calsium, Cu = Cuprum (tembaga), Zn = Zinc, O = Oksigen, N = Nitrogen, Ni = Nikel, Fe = Ferrum (zat besi).

Nyatalah bahwa bahan Kimia dan kehidupan tak bisa dipisahkan, bahan Kimia bukanlah hal asing bagi kita karena tubuh kita sendiri pun terdiri dari bahan kimia (Fe, Ca, Zn) dan kita hidup juga memerlukan senyawa kimia, yaitu menghirup senyawa Oksigen (O₂), membutuhkan air (H₂O), dan melepaskan CO₂ (Karbondioksida) sebagai sekresi pernafasan. Klasifikasi Bahan Kimia secara umum ditinjau dari asalnya, terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Bahan Kimia Alami – terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia, seperti Oksigen, Air, pewarna pada kunyit, senyawa penebar harum bunga atau wangi pandan.
  2. Bahan Kimia Sintetis – dihasilkan melalui proses produksi dan industri, contohnya sabun, shampoo, deterjen, dan pestisida.

Menurut sifatnya bahan kimia terbagi menjadi bahan kimia berbahaya dan tidak berbahaya. Bahan kimia yang tidak berbahaya adalah bahan-bahan yang tidak menyebabkan iritasi, tidak bersifat toksik, atau karsinogenetik. Biasanya bahan-bahan kimia alami merupakan bahan kimia yang tidak berbahaya. Sedangkan bahan kimia berbahaya merupakan bahan kimia yang membawa efek negatif bagi manusia, dibagi dalam tiga jenis, yaitu:

Bahan Kimia Beracun

Bahan ini adalah bahan yang bersifat membahayakan kesehatan manusia bahkan bisa menyebabkan kematian ketika dihirup, diinjeksikan, atau bersinggungan.

Contohnya Merkuri (air raksa) dalam bahan kosmetik dapat menyebabkan efek seperti iritasi pada kulit, dalam jangka waktu lama bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal, saraf, dan otak manusia.

Bahan Kimia Mudah Terbakar

Semakin rendah titik bakarnya akan semakin mudah terbakar. Contohnya plastik dan bensin.

Bahan Kimia Mudah Meledak

Bahan padat atau cair yang karena faktor ekstrinsik berubah menjadi gas dan menimbulkan ledakan.

Jurnal tentang pengertian bahan kimia yang lebih rinci dapat dipelajari di situs resmi perguruan tinggi atau Indonesian Citation Index yang dirilis oleh Kemendiknas. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Puisi Sakit Hati: Penuh Amarah dan Kecewa
Sebelumnya: Tip Menguasai Teknik dan Strategi Main Futsal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar