Jurnal Tentang Prestasi Belajar Siswa


Jurnal tentang prestasi belajar siswa bisa dibuat dalam berbagai format, bergantung kebutuhan dan keinginan pihak pemimpin sekolah atau kepala sekolah. Di beberapa sekolah, format tersebut biasanya telah ditentukan oleh pihak sekolah, sehingga guru atau wali kelas hanya berkewajiban untuk mengisi jurnal yang sudah ada.

Namun, ada juga sekolah yang menerapkan sistem tertentu, sehingga format untuk membuat jurnal prestasi belajar siswa tetap dibuat sendiri oleh wali kelas dengan poin-poin yang telah ditentukan.

Hal ini dibuat dengan tujuan untuk membuat wali kelas merasa nyaman dan mengerti jurnal yang telah dibuatnya, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menafsirkan format atau poin-poin yang sudah ada.

Meningkatkan Prestasi Lewat Jurnal

Untuk membuat jurnal tersebut, tentu hal pertama yang harus dibuat adalah biodata siswa dari mulai nama, tempat tanggal lahir, alamat, nama orang tua, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan siswa itu sendiri.

Setelah itu, barulah dibuat kolom berupa pencapaian studi siswa selama belajar di sekolah. Pencapaian studi yang dimaksud dibuat ke dalam beberapa katagori, yakni afektif, kognitif, dan apek lainnya yang telah disepakati oleh pihak sekolah.

Dalam jurnal ini, wali kelas bertugas untuk menjelaskan secara detail bagaimana kondisi siswa di sekolahnya. Hal pertama yang dibahas biasanya pencapaian studi secara akademik atau kognitif, yakni kemampuan siswa dalam menangkap semua pembelajaran di sekolah.

Setelah itu, wali kelas juga akan menerangkan bagaimana kondisi psikologis dan emosi siswa di sekolah. Kepribadian siswa akan terlihat dari pernyataan ini, sehingga orang tua bisa mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan atau dihindari agar siswa menjadi lebih nyaman dengan sekolah dan dirinya sendiri.

Selain itu, wali kelas juga biasanya menambahkan penilaian kepribadian dan bagaimana cara mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki oleh siswa, sehingga ke depannya siswa tersebut bisa mencapai cita-cita dan melakukan kegiatan positif sesuai dengan minat dan bakatnya itu.

Oleh sebab itu, sebelum membuat jurnal tentang prestasi belajar siswa, wali kelas juga perlu memahami terlebih dahulu mengenai kepribadian siswa tersebut agar pihak orang tua mendapatkan pengertian mengenai kepribadian dan tingkah laku anaknya di sekolah.

Selanjutnya : Karya dari Bahan Barang Bekas Unik
Sebelumnya: Jenis Proyektor Berdasarkan Jenis Gambar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar