Jurnalistik Online


Jurnalistik online merupakan bagian dari dunia jurnalisme. Jurnalistik secara harfiah dapat diartikan sebagai proses, aktivitas, kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan informasi hingga penyebarannya kepada khalayak luas. Dikenal juga sebagai cyber journalism, jurnalistik internet, dan jurnalistik web, jurnalistik dunia maya menjelma menjadi generasi baru jurnalistik setelah jurnalistik konvensional (koran, majalah) dan jurnalistik penyiaran (radio, televisi). Pengertian Jurnalistik menurut beberapa ahli dapat dipahami sebagai berikut:

  1. Astrid S Susanto : merupakan aktivitas pelaporan dan pencatatan tentang kejadian sehari-hari beserta proses penyebarannya.
  2. Erik Hodgins : merupakan proses penyebaran informasi dari sumber ke penerima berita secara cepat, benar dan seksama dalam rangka menegakkan keadilan
  3. Haris Sumadiria : merupakan aktivitas mencari, menyiapkan, mengumpulkan, mengelola dan menyajikan serta menyebarkan kabar berita melalui media tertentu kepada masyarakat secara cepat.

Jurnalistik internet merupakan proses pengumpulan data berdasarkan penelitian dan riset lapangan, interview dan wawancara dengan narasumber, ditunjang dengan studi literatur dan disusun serta disajikan dalam bentuk reportase, penyebarannya menggunakan media digital dan internet. Jurnalistik dunia maya merupakan jawaban dari tuntutan masyarakat luas yang membutuhkan berita secara real time.

Sejarah jurnalistik internet tak dapat dipisahkan dari penemuan teknologi komputer yang kemudian berkembang menjadi teknologi internet pada era 1990-an. 17 Januari 1998, ketika Mark Druge mempublikasikan  skandal Monica Lewinsky – Bill Gate di website Druge Report disebut sebagai tonggak sejarah kelahiran jurnalistik internet. Di Indonesia, munculnya jurnalistik internet ditandai dengan media online detik.com yang didirikan pada 9 Juli 1998. Berikut ini jenis Jurnalistik internet menurut Satrio Arismunandar dibedakan menjadi empat, yaitu

  • Mainstream News site. Merupakan media berbentuk online yang dilengkapi editorial konten dan memiliki dewan redaksi tersendiri, contohnya : CNN, BBC, detik.com, Astaga.com
  • Index and Category sites. Jurnalistik internet yang dikatikan dengan search engine dan perusahaan riset pemasaran serta agensi tertentu, contohnya : yahoo
  • Meta and comment sites. Merupakan situs yang membahas isu media secara umum, contohnya mediachannel
  • Share and Discussion Sites. Merupakan situs yang menyediakan platform sebagai tempat public mendiskusikan sesuatu hal.

Dengan segala keunggulannya, tampaknya jurnalistik online mulai menggeser peran jurnalistik konvensional dan penyiaran hal ini ditandai dengan mulai munculnya bentuk digital surat kabar. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Jurus Jitu Mematikan Lawan Maen Catur
Sebelumnya: Cerita Tentang Sahabat Rasulullah Umar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar