Jurus Jitu Mematikan Lawan Maen Catur


Jurus jitu mematikan lawan maen catur harus dimiliki seorang atlit catur. Dalam sebuah pertandingan setiap peserta selalu bertujuan untuk meraih kemenangan, begitu pula bagi pemain catur. Namun, perlu dicatat bahwa kemenangan tersebut harus diraih dengan cara yang menjunjung tinggi nilai sportivitas dan benar-benar bekerja keras secara jujur dan tanpa kecurangan sedikit pun.

Permainan catur bukan hanya dikenal sebagai salah satu cabang olahraga, namun merupakan kombinasi dari olahraga, sains sekaligus seni. Hampir semua orang dapat memainkan bidak catur lengkap dengan pion prajurit, kuda, benteng, raja, perdana menteri, gajah. Namun, memerlukan tips dan trik tertentu untuk mematikan permainan lawan dengan skak mat secepat mungkin. Sejarah permainan catur tidak diketahui secara pasti dan dikenal dalam beberapa versi yaitu:

  • Bermula dari India yang dikenal dengan permainan Shaturanga yang awalnya dimainkan empat orang dan menggunakan dadu, kemudian diakomodir ajaran agama Hindu yang melarang perjudian sehingga berubah menjadi Shatranj yang dilakukan dua orang tanpa disertai dadu
  • Perang Salib di abad 12 memberikan “buah tangan” permainan catur yang dilakukan oleh para ksatrianya
  • Ratu Byzantium memberikan Shatranj sebagai cenderamata untuk Raja Romawi

Tips jitu untuk memenangkan pertempuran catur dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini :

  1. Jalankan pion dengan dua langkah, masing-masing sisi kiri dan kanan.
  2. Langkahkan kuda terlebih dahulu daripada gajah karena langkah zigzag kuda lebih mudah mengobrak-abrik pertahanan lawan.
  3. Langkahkan gajah terlebih dahulu daripada benteng.
  4. Sebaiknya mendahulukan melangkahkan benteng sebelum perdana menteri  yang lebih baik melangkah paling akhir mengingat kedudukannya sebagai penjaga terakhir dari raja.
  5. Kuda, gajah, benteng dilangkahkan sedemikian rupa agar tak banyak pion (prajurit) yang dimakan lawan, karena pion biasanya membantu langkah-langkah pertempuran di babak akhir.
  6. Tipuan atau sergapan mendadak dapat memperdaya lawan. Seperti halnya pertempuran di medan perang kadang perlu dilakukan langkah untuk mengalihkan perhatian lawan, misalnya mengorbankan salah satu pejabat untuk mendapatkan buah catur yang lebih tinggi kedudukannya.
  7. Pilih strategi yang tidak mudah dibaca lawan. Usahakan menyebarkan pion dengan membentuk suatu pola, jangan mengisolasi prajurit.

Dengan menguasai jurus jitu mematikan lawan maen catur diharapkan akan menginspirasi pemain untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas.

Selanjutnya : Jurus Jitu Menurunkan Berat Badan dengan Jus
Sebelumnya: Jurnalistik Online
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar