Jurusan Teknik Penerbangan Pesawat Udara Curug


Jurusan teknik penerbangan pesawat udara curug menjadi salah satu jurusan pendidikan di STIP curug. Jurusan pendidikan STIP curug ini memiliki kualitas bertaraf internasional dan sudah dipercaya melalui para lulusannya.

STIP curug dikenal dimasyarakat sebagai sekolah pilot profesional negeri ini. Tak heran, jika pada akhirnya sebagian besar masyarakat mempercayakan putra maupun putrinya mengenyam pendidikan di sekolah tinggi ini.

Berdirinya STIP Curug

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug termasuk salah satu perguruan tinggi kedinasan. Sekolah ini berada pada pengawasan Kementerian Perhubungan Indonesia. Lokasinya di Kecamatan Legok Kewedanaan Curug Provinsi Banten.

Sesuai dengan sejarahnya, perguruan tinggi ini mulanya memiliki nama API yakni Akademi Penerbangan Indonesia ketika masih berada di Jakarta.

Tahun 1954 API dipindahkan ke kampusnya yang baru, di wilayah kecamatan Legok. Selanjutnya, tahun 1969, dirubah namanya jadi Lembaga Perhubungan Udara (LPPU), tahun 1978, diganti lagi menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) hingga akhirnya tahun 2000 PLP diganti dengan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), hingga sekarang.

Jurusan dan Sarana di STIP Curug

Ada empat jurusan pendidikan di sekolah tinggi pilot handal ini, antara lain penerbang, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan serta manajemen penerbangan.

Masing-masing  jurusan itu memiliki program studi masing-masing. Guna memperlancar kegiatan belajar mengajar di STIP Curug, maka ada beberapa sarana pendidikan maupun penunjang di dalamnya.

Berikut ini beberapa sarana pendidikan maupun penunjang yang dimaksud ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, pesawat untuk latihan, kolam renang, asrama, lapangan untuk olahraga basket-sepak bola-tenis-bola voli, tempat ibadah, ruang makan, sarana kesehatan dan sarana lainnya.

Adapun laboratorium untuk masing-masing jurusan berbeda sesuai kebutuhannya. Misalnya, jurusan penerbang memiliki radiotelephony; teknik penerbangan memiliki laboratorium general workshop; manajemen penerbangan memiliki laboratorium komputer.

Selain itu, sarana pesawat untuk latihan berupa single dan multi engine. Melalui beragam sarana pendidikan dan penunjang inilah, para pelajarnya dididik dengan profesional untuk menjadi pilot handal serta teknisi profesional untuk sekarang dan mendatang.

Meski banyak ditemui beragam kejadian kecelakaan pesawat, hal itu tidak berarti Anda enggan mengenyam pendidikan penerbangan. Semoga ulasan mengenal jurusan teknik penerbangan pesawat udara curug ini mampu meningkatkan potensi belajar dan kepercayaan diri bangsa.

Selanjutnya : Pentingnya Pengaturan Nafas dalam Gerakan Senam
Sebelumnya: Pengertian Budaya Menurut Koentjaraningrat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar