Manfaat dan Khasiat dari Jus Alpukat


Alpukat (Avocado, Persea Americana Mill.) memiliki daging buah yang berwarna kuning kehijauan seperti mentega dengan biji tunggal dengan ukuran yang cukup besar. Tekstur daging buah alpukat menyerupai mentega ketika sudah benar-benar matang, yakni lembut, halus dengan rasa yang gurih dan lezat.

Adapun manfaat dan khasiat dari jus buah alpukat, dipaparkan sebagai berikut:

1. Menghaluskan kulit

Banyak produk-produk kecantikan yang memanfaatkan kandungan alpukat untuk memberikan khasiat bagi yang luar biasa bagi kulit terutama kehalusan dan kulit. Khasiat tersebut tidak lain karena adanya kandungan vitamin A dan E dalam buah alpukat yang sangat baik bagi kulit.

Contoh produk-produk yang memanfaatkan khasiat alpukat diantaranya adalah lulur dan masker. Bagi Anda yang ingin membuat lulur atau masker dari alpukat caranya cukup mudah, yakni dengan melumatkan alpukat secara manual ataupun dengan dijus namun dengan takaran air yang lebih sedikit dan tanpa gula. Kemudian pakai sebagai masker atau lulur.

2. Mencegah penyakit hipertensi dan jantung

Selama ini alpukat dianggap sebagai buah yang kaya akan lemak dan dianggap sebagai penyebab obesitas. Hal ini tidaklah benar, karena meskipun alpukat mengandung lemak, jenis lemaknya merupakan lemak tak jenuh yang dikenal dengan sebutan omega 9. Lemak ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan hipertensi.

3. Mencegah penyakit kanker

Penyebab terjadinya penyakit kanker sangat beragam mulai dari genetik, makanan dan pengaruh radikal bebas. Namun kini Anda tak perlu khawatir, karena dengan mengonsumsi alpukat ternyata mampu mencegah timbulnya kanker.

Hal ini berdasarkan penelitian para ilmuwan yang menemukan suatu senyawa baru dalam alpukat yang disebut sebagai glutataion. Senyawa glutataion ini merupakan antioksidan yang mampu menjaga tubuh dari serangan kanker.

4. Mencegah anemia

Untuk mengatasi anemia umumnya para penderita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi salah satunya adalah buah alpukat. Zat besi yang terkandung dalam alpukat ini nantinya mampu membantu pembentukan sel darah merah (eritrosit).

Demikianlah, ulasan mengenai berbagai macam manfaat jus alpukat bagi tubuh manusia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Install Windows 8
Sebelumnya: Jumlah Vitamin Jeruk Nipis Hijau dan Kuning
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar