Jusuf Kalla Inspirasi

“Jusuf Kalla Inspirasi-ku”, tak salah jika ada yang meneriakkan kalimat tersebut. Mantan wakil presiden periode tahun 2004 – 2009 ini merupakan tokoh inspiratif tidak hanya di bidang pemerintahan namun juga di bidang sosial. Pria kelahiran Watampone, Sulawesi Selatan 15 Mei 1942 ini adalah ekonom lulusan Universitas Hasanuddin dan sukses memperluas bisnis perusahaan Kalla Group dari semula ekspor-impor ke bidang perhotelan, perkapalan, transportasi, konstruksi, real estate dan telekomunikasi.

Selama menuntut ilmu di bangku kuliah, Jusuf Kalla aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kepemudaan, antara lain Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (1965 – 1966 dan Ketua Presidium Kesatuan Aksi Mahasiswa (1967-1969). Kesuksesannya mengembangkan bisnis yang ditekuni membawanya terpilih menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah Sulawesi Selatan.

Loading...

Karir politiknya bermula ketika ia dipercaya Presiden Abdurrahman Wahid memimpin Departemen Perindustrian dan Perdagangan, meski hanya memegang jabatan selama enam bulan dan diberhentikan tanpa alasan jelas, ia kembali dipercaya duduk dalam pemerintahan di masa Presiden Megawati sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan. Sebagai Menko Kesra pria yang akrab dipanggil JK ini dinilai berhasil meredam konflik Poso dan Ambon dan mengupayakan perdamaian antar kelompok Islam – Kristen yang sedang bertikai.

Jejak politik Putera Sulawesi ini semakin bersinar ketika menggantikan Akbar Tanjung menjabat Ketua Umum Partai Golongan Karya  periode Desember 2004 hingga 9 Oktober 2009. Sempat mengikuti konvensi untuk pemilihan Presiden melalui partai Golkar, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dan memilih menerima tawaran Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon wakil presiden.

Pasangan ini akhirnya terpilih sebagai presiden – wakil presiden pertama hasil pemilihan umum secara langsung. Pada pemilu 2009, JK maju sebagai calon presiden dari Partai Golkar dengan cawapres Wiranto, namun suara rakyat yang memilihnya masih kalah dengan partisipan yang memilih SBY – Boediono.

Meski lahir dari kalangan berada Jusuf Kalla mengInspirasi rakyat untuk hidup sederhana, seperti tercermin dari ruang kerja sederhana di perusahaannya serta busana batik atau kemeja lengan panjang yang dikenakannya, ketika menjabat Menko Kesra ia memilih berkantor di Departemen Perindustrian dengan luas ruangan berperabot lama sekitar 50m2 karena ruang kerja di Departemen Perdagangan dan Bulog dinilainya terlalu mewah. Berkat kepeduliannya pada hal-hal sosial, Lembaga sosial Dompet Dhuafa menganugerahinya sebagai tokoh inspiratif bidang kemanusiaan pada event “20 Tahun Refleksi Dompet Dhuafa

Loading...
Selanjutnya : Kabel Tembaga Membuat Koneksi Internet Lambat
Sebelumnya: Jus yang dapat Menurunkan Berat Badan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar