K3LH Dalam Ilmu Computer

Penerapan K3LH dalam ilmu computer tengah digalakan dunia pendidikan dan lingkungan kerja.  Ternyata bekerja di depan computer dalam jangka waktu lama menyimpan sejumlah resiko bagi kesehatan manusia.

Hal ini tentu jadi kontra produksi bagi karyawan.   Selain itu, pelajar dan mahasiswa pun menjadi pihak yang paling beresiko. K3LH arti dari Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup.

Loading...

Semboyan ini diterapkan pada semua lingkungan kerja, sekolah, dan rumah sakit. Termasuk bagi orang yang berkecimpung dalam dunia IT. Maka dari itu, pada kurikulum IT dimasukkan unsur K3LH yang diajarkan di sekolah maupun perguruan tinggi.

Bekerja depan komputer terlalu lama, ternyata berdampak buruk terhadap kesehatan. Terkadang kita tak sadar bahwa bekerja di depan komputer berjam-jam ternyata efeknya tak baik.

Salah satu gangguan yang kerap dirasakan adalah mata lelah dan pinggang terasa nyeri.  Ternyata tak hanya sebatas dua jenis saja gangguan yang mengancam. Berikut ini efek buruk bagi kesehatan jika terlalu lama bekerja di depan komputer.

1. Otot Leher Kaku

Bekerja di depan komputer, tak memerlukan gerakan badan atau statis, mata melihat terus menerus pada monitor, sehingga otot leher jadi kaku.  Terkadang susah digerakan, maka dari itu untuk menghindari hal demikian, setiap 15 menit harus keluar beranjak dari kursi.

2. Kerusakan pada Retina Mata

Bekerja di depan komputer berjam-jam, dapat merusak fungsi mata. Otot rentina menjadi mengendur, sehingga tak bisa fokus melihat objek yang jauh. Selain itu, mata jadi kering karena paparan dari cahaya monitor. Maka dari itu, untuk menghindari mata lelah, setiap setengah jam istirahat sebentar.

3. Gangguan pada Tulang Belakang

Posisi duduk yang salah di depan komputer, misalnya terlalu membungkuk bisa mengakibatkan pertumbuhan tulang terhampat. Selain itu, terserang rasa nyeri hebat di punggung. Hal ini karena ada otot yang tertarik.

4. Wasir

Duduk terlalu lama di depan komputer bisa menyebabkan penyakit wasir. Ini karena ada penekanan pada otot anus, sehingga bisa keluar dari tempatnya.

Cara untuk yang tepat bekerja di depan komputer sesuai K3LH dalam ilmu computer, antara lain duduk dengan posisi tubuh tegak, supaya tulang belakang tak sakit.

Jarak pandang antara mata dan layar kira 40 cm.  Selain itu, posisi tangan di keybord harus lurus, agar otot tak cidera. Semoga uraian tersebut bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Kocak Tapi Berbobot, Kesimpulan dari Film Wakil Rakyat
Sebelumnya: Merancang dan Membuat Cover Buku
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar