Kabel Tembaga Membuat Koneksi Internet Lambat

Di kalangan peselancar dan pengguna internet beredar prinsip bahwa kabel tembaga membuat koneksi internet lambat. Sebenarnya hal ini disebabkan oleh jenis koneksi internet yang digunakan. Layanan internet yang menawarkan koneksi internet fiber optic (Layanan Fiber Optic) memberikan kecepatan akses internet lebih tinggi dibandingkan layanan internet DSL yang memanfaatkan koneksi kabel tembaga.

Era digital semakin menguasai hidup manusia disegala bidang, penggunaan internet tidak sekedar berhenti sebagai sarana komunikasi dan transfer informasi namun juga mempermudah aktivitas dibidang bisnis, perbankan, pertahanan negara, pendidikan, kesehatan dan lainnya. Koneksi internet memegang peranan dalam keberhasilan internet menunjang aktivitas manusia di segala bidang. Jenis koneksi internet dapat dibedakan menjadi:

1.    Analog atau yang dikenal dengan Dial-Up access.

Koneksi internet jenis analaog sangat lambat meski tergolong ekonomis. Cara kerjanya tergantung modem yang tersambung dalam PC. Dial up access disebut koneksi analog karena data dikirim lewat jaringan telepon umum, modem mengganti data analog ke bentuk digital dan sebaliknya. Sehingga kualitas kecepatan akses data sangat terbatas

2.    ISDN (Integrated Services Digital Network)

Merupakan jenis koneksi internet yang menjadi standar komunikasi internasional untuk mentransfer suara, data dan video melalui sambungan telepon digital

3.    B-ISDN (Broadband ISDN)

Mirip dengan fungsi ISDN tetapi memanfaatkan kabel optic fiber sebagai sarana transfer data pengganti kabel telepon normal.

4.    DSL ( Digital Subscriber Line)

Memanfaatkan dua kabel tembaga yang terdapat dalam sambungan telepon. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) merupakan salah satu bagian dari teknologi DSL yang mentransfer data dalam kecepatan berbeda dari satu sisi ke lainnya dan sinyal frekuensi yang dipakai berkisar antara 20 KHz – 1 MHz.

5.    Wireless Internet Connection (Wifi)

Dari koneksi internet tersebut di atas Dial Up Access dan DSL merupakan jenis yang paling sering digunakan masyarakat. Kecepatan internet maksimal dari kedua jenis ini dipengaruhi kualitas kabel telepon, terlilit, terbakar, aus dimakan usia akan mengganggu transmisi data. Kuat tidaknya sinyal, cross talk dapat memperlambat koneksi internet.

Pendapat bahwa kabel tembaga membuat koneksi internet lambat mungkin tidak salah, namun perlu diingat bahwa koneksi internet juga tergantung pada kondisi komputer atau netbook, keberadaan virus, browser yang dipilih serta lalu lintas web yang diakses.

Selanjutnya : Kabinet Dapur Warna Hijau
Sebelumnya: Jusuf Kalla Inspirasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini