Kaca Film Mobil


Kaca film mobil merupakan salah satu komponen terpenting bagi sebuah mobil. Tanpa kaca mobil, bagian dalam kabin akan menderita paparan sinar matahari yang berlebihan. Kualitas kaca mobil ditentukan dari spesifikasinya. Spesifikasi kaca mobil ini disesuaikan dengan kebutuhan kita.Secara garis besar spesifikasi kaca film terbagi dalam empat jenis yaitu :

1.    Ultra Violet Transmittance (UVT).

Sinar Ultraviolet (UV) sangat tak hanya berbahaya bagi kulit manusia karena menyebabkan pigmentasi dan penuaan dini namun juga dapat membuat interior mobil menjadi lekas kusam dan cepat rusak. Semakin kecil angka UVT pertanda semakin baik kemampuan kaca film menghalangi sinar UV. Umumnya merk-merk terkenal kaca film mempunyai spek UVT sebesar 1% sedangkan besaran UVR (Ultraviolet Reflectance) mencapai 99%.

2.    Visible Light Transmittance  (VLT)

Besaran VLT adalah patokan yang menunjukkan besarnya cahaya yang mampu melewati kaca, contohnya kaca film 40, kaca film 60 dan seterusnya. Semakin gelap kaca film sehingga cahaya yang dapat menembusnya semakin kecil ditunjukkan dengan semakin tingginya angka VLT. Pemilihan VLT ini perlu diperhatikan benar, meski kaca film gelap sangat diperlukan untuk menghalangi sinar terik matahari namun akan menyulitkan pandangan bebas sang pengemudi.

3.    Infra Red Reflectance (IRR)

Kemampuan kaca menolak radiasi cahaya matahari ditentukan oleh semakin tingginya spec IRR pada kaca film. Semakin tinggi nilai IRR menyebabkan kabin tak mudah panas sehingga penggunaan AC dapat diminimalkan dan hemat bahan bakar.

4.    Total Solar Energy Rejected (TSER)

Kemampuan kaca menolak panas ditunjukkan dengan tingginya angka TSER.
Kaca film ternyata dapat dipalsukan, untuk menghindari membeli produk palsu maka memperhatikan hal-hal berikut dapat membantu konsumen membedakan yang asli dengan yang palsu:

1.    Logo atau cetakan kaca
Logo pada kaca film yang tidak rapi (terlalu tebal, cetakan tinta melebar) menandakan produk yang kurang bagus.

2.    Warna
Perubahan warna dalam waktu 2-3 bulan menunjukkankualitas kaca film kurang baik.

3.    Ketebalan
Kaca film asli berbentuk tipis kaku, produk palsu tipis lentur.

4.    Harga
Harga yang terlalu murah perlu dicurigai merupakan produk palsu.
Pecah ketika terkena lampu sorot 600 Watt dan peningkatan suhu terlalu tinggi ketika diukur dengan termometer setelah terpapar matahari merupakan indikasi kaca film mobil palsu. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda untuk lebih cermat dan waspada memilih jenis kaca film untuk mobil.

Selanjutnya : Kabupaten Malang Suku
Sebelumnya: Kabinet Dapur Warna Hijau
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar