Kadas Kurap Apa Menular Bila Bersentuhan?

Kadas kurap apa menular bila bersentuhan? Pertanyaan umum yang terlontar di masyarakat bila ada saudara, kerabat, teman, atau tetangga yang mengalami kadas dan kurap. Penyakit kadas kurap adalah penyakit yang sejenis dan biasanya disebut kurap saja. Penyakit ini merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit.
Infeksi jamur ini menyerang jaringan kulit yang mati dan berkembang pada daerah lembab dan hangat. Infeksinya menyebabkan luka yang melingkar seperti gelang atau cincin pada area yang diserang.Gejalanya luka berwarna merah, bersisik, gatal melepuh, berair, dan bisa meluas.
Penyakit kurap disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya: berkeringat banyak, terlalu sering menggunakan pakaian yang ketat dan lembab, sering bertukar pakaian dengan orang yang sudah terkena penyakit kulit, banyak beraktifitas di ruangan atau tempat yang lembab, serta kontak langsung dengan tubuh orang yang terkena penyakit kurap.

Bagian Tubuh yang Biasa Terserang Kadas Kurap
Berikut ini bagian-bagian tubuh yang biasa terkena kadas kurap :
1. Bagian Kaki (Tinea Pedis)
Menyerang sela-sela jari dengan gejala kulit yang terserang memerah, gatal dan panas. Kurap ini disebabkan jamur Epidermophyton atau Trichophyton.
2. Bagian Selangkangan (Tinea Cruris)
Kurap ini menyerang areal pangkal paha, yaitu pada lipatan paha. Dimana kulit menebal, bersisik, dan bila digaruk seperti ketombe. Kulit memerah diiringi rasa gatal dan panas serta berair. Kurap pada areal selangkangan ini biasa menyerang pria, karena pemakaian celana dalam yang ketat, lembab akibat keringat.
3. Bagian Kuku (Tinea Unguium)
Kulit dibawah kuku menebal, buram dan kukumenjadi rapuh. Diakibatkan terlalu sering memakai kuku palsu.
4. Bagian Tangan (Tinea Manus)
Kurap disebabkan oleh Jamur yang menginfeksi telapak tangan dan sela-sela jari. Kulit menebal, memerah dan gatal, serta berair.
5. Bagian Janggut (Tinea Barbae)
Kurap menyerang areal yang berjanggut yaitu dagu dan pipi. Area yang terserang rambut janggutnya rontok, kulit membengkak dan mengeras.
6. Bagian Wajah (Tinea Faciei)
Menyerang kulit wajah, dimana kulit mengalami luka memerah, bersisik, dan tidak berbentuk cincin atau gelang.
7. Bagian Kepala (Tinea Capitis)
Kurap jenis ini menyerang kulit kepala, area yang diserang mengalami penebalan kulit dan berbentuk bulat, memerah, gatal dan berair hingga mengeluarkan nanah. Rambut menjadi rontok, Kurap ini disebabkan oleh jamur microsporum.
Penyebaran Penyakit Kadas Kurap
Penyakit ini dapat menular dalam berbagai cara yaitu :
1. Dari manusia ke manusia
Kurap menyebar melalui kontak kulit langsung dengan orang yang mengalami penyakit kadas kurap.
2. Dari hewan ke manusia
Kurap bersifat zoonosis sehingga dapat menular dari hewan ke manusia, Hewan yang sering mengalai kurap biasanya kucing dan anjing, Sehingga bila kontak dengan kucing dan anjing yang terinfeksi,dapat tertular juga.
3. Dari benda ke manusia
Kurap menular melalui pakaian, pakaian dalam dan handuk, yang pemakaiannya sering bergantian dengan orang yang terinfeksi.
Jadi jawaban dari pertanyaan kadas kurap apa menular bila bersentuhan adalah : ya. Untuk itu jagalah selalu kebersihan dan kesehatan kulit Anda

Selanjutnya : Mengenal Motor Bebek Cina
Sebelumnya: Kadar Protein Pada Ikan Lele
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...