Cara Perhitungan pada Kalender Weton


Kalender weton adalah sistem penanggalan Jawa, merupakan hasil perpaduan budaya Hindu-Belanda dengan Jawa. Pada penanggalan weton terdapat dua belas bulan, yaitu: Sura, Sapar, Maulud, Bakda Maulud, Jumadilawal, Jumadilakhir, Rejeb, Ruwah, Pasa, Sawa, Sela, dan Besar.

Weton mirip dengan primbon (kitab Jawa), namun pada weton penjelasan suatu nilai atau suatu gambaran perstiwa berdasarkan pada kalender Jawa yang terkenal, salah satunya adalah membuat perhitungan berdasarkan tanggal lahir. Misalnya orang memiliki weton hari Jumat Legi memiliki sifat jujur bahkan sangat jujur tanpa memperhitungkan perasaan orang lain.

Bukan hanya untuk membaca karakter seseorang, masyarakat Jawa masih banyak yang berpatokan pada kalender weton untuk masalah jodoh, hari baik pindahan rumah, hari baik membangun rumah, hari baik untuk pernikahan, dan sebagainya. Walaupun teknologi semakin maju, namun masih banyak orang yang mempercayai dan menggunakan kalender weton.

Pengertian Weton

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, weton artinya hari kelahiran. Seperti kita ketahui ada 7 hari: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sedangkan pada weton diiringi dengan nama pasarannya yaitu: Legi, Paing, Pon, Wage, dan Kliwon.
Dalam kalender weton terdapat dua siklus hari yaitu:

  • Siklus mingguan, terdiri dari hari yang sama kita pakai saat ini senin sampai minggu.
  • Siklus Pancawara atau pekan adalah haru yang terdiri dari pasaran.

Kalender weton digunakan juga sebagai media untuk menyebarkan agama Islam oleh Sultan Agung Kerajaan Mataram II. Awalnya penanggalan Jawa menggunakan kalender Saka, yang kemudian sengaja dikarang oleh Sultan Agung menjadi kalender Kamariah atau Lunar.

Namun dari perubahan tersebut masih ada unsur Saka yang digunakan yaitu angka tahun yang merujuk pada kalender Saka. Walaupun masih ada yang menggunakan bahasa Jawa, kalender Aaka sudah menyesuaikan dengan kalender Hijriah.

Cara Mengetahui Tanggal Lahir Kalender Weton

Perhitungan kalender weton berdasarkan hari dan tanggal lahir, lalu bagaimana cara mengetahui hari dan tanggal weton? Di zaman serba teknologi ini Anda sudah bisa mencari weton di situs-situs internet. Anda juga bisa mendownload programnya.

Tidak semua orang setuju dan percaya pada sistem kalender weton. Sebagian orang khususnya generasi muda sudah tidak percaya dan meninggalkannya dan menganggap syirik, namun masih ada juga orang yang mempercayainya dan beranggapan jika tidak menggunakan kalender weton akan mendapatkan kesialan sesuai dengan apa yang sudah diramalkan.

Selanjutnya : Alamat XL Center Jakarta Timur
Sebelumnya: Mengenal Syair Lagu Malaysia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar