Adakah Istilah Kalkulus 2 Koordinat Kutub? Mari Bahas di Sini!

Penyebutan istilah kalkulus 2 koordinat kutub sebenarnya kurang tepat. Istilah yang tepat dalam kalkulus adalah dua istilah koordinat, yakni koordinat cartesius dan koordinat kutub (polar). Bila istilah 2 koordinat kutub yang dimaksud mengacu pada jenis koordinat, maka kedua jenis koordinat tadi merupakan jawabannya.Istilah tersebut merupakan bagian dari kalkulus, salah satu bidang pembelajaran dalam disiplin ilmu matematika.

Istilah kalkulus tentang 2 koordinat kutub tersebut tadi bisa juga mengacu pada koordinat polar atau koordinat kutub. Tampaknya, acuan ini lebih tepat bila dibandingkan dengan penjelasan pada paragraf pertama. Istilah kalkulus 2 koordinat kutub yang dimaksud barangkali mengacu pada dua titik sumbu yang dihubungkan dengan garis diagonal yang dikenal dalam grafik bentuk koordinat polar. Untuk lebih jelas memahami hal ini, simak pembahasan tentang koordinat kutub ini.

Loading...

YYYY

 

 

 

 

Koordinat Cartesius

Sebelum membahas koordinat kutub, harus diketahui terlebih dahulu bentuk dari koordinat cartesius. Hal ini tentunya karena koodrinat cartesius sangat berhubungan dengan koordinat kutub. Untuk itu, keduanya patut dibahas karena keduanya memiliki hubungan yang cukup erat.

Koordinat cartesius merupakan sistem koordinat untuk menentukan satu titik pertemuan antara dua koordinat berbentuk garis tegak lurus. Garis tegak lurus pertama berbentuk horizontal (koordinat x) dan garis tegak lurus berbentuk vertikal (korrdinat y).

Dalam garis koordinat tersebut, terdapat istilah sumbu. Apabila satu sumbu dalam garis koordinat “x” dan satu sumbu dalam garis koordinat “y” dipertemukan, maka akan membentuk satu garis bayangan  dan satu titik pertemuan (A). Hal inilah yang kemudian dikenal sebagai koordinat cartesius.

XXXX

 

 

 

 

Koordinat Polar

Koordinat polar sering juga disebut sebagai koordinat kutub. Koordinat ini merupakan sistem koodinat yang ditentukan dengan garis diagonal dari titik pertemuan sumbu x dan y menuju titik pusat. Bisa jadi, dua titik inilah yang kemudian dikenal sebagai kalukulus 2 koordinat kutub. Dua garis koordinat tersebut kemudian digambarkan dengan garis penghubung yang kemudian disebut dengan simbol “r”. Sementara  sudut yang terbentuk dari adanya garis tersebut biasa disebut dalam gambar adalah ”α”.

Dari pembahasan tentang kedua sistem koordinat tersebut,  dapat disimpulkan bahwa koordinat cartesius adalah koordinat untuk menentukan titik temu antara dua sumbu koordinat. Sementara koordinat kutub adalah jarak antara titik pertemuan tersebut dengan titik pusat. Hal inilah barangkali yang kemudian dikenal sebagai kalkulus 2 koordinat kutub, yakni titik pertemuan sumbu dan titik pusat. Semoga penjelasan ini cukup membantu.

Loading...
Selanjutnya : 3 Judul Film Kartun Anak Jepang Keren
Sebelumnya: Kamus Bahasa Korea Sehari-hari dalam Terjemahannya Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar