Kamar Ritual Ratu Pantai Selatan


Legenda Ratu Pantai Selatan begitu dikenal oleh masyarakat. Tidak jelas kapan pastinya legenda ini mulai terdengar, namun yang pasti hingga kini di era modern pun legenda ini masih saja dipercaya.

Kamar Ratu Pantai Selatan

Hal-hal yang berkaitan dengan legenda ini pun masih dipatuhi oleh masyarakat, misalnya saja pantangan mengenakan pakaian berwarna hijau saat mengunjungi laut selatan hingga kepercayaan adanya kamar yang secara khusus diperuntukkan bagi Ratu Pantai Selatan. Kamar ritual Ratu Pantai Selatan ini tak hanya satu, tetapi tersebar di beberapa tempat.

Salah satu kamar yang disediakan untuk Ratu Pantai Selatan terletak di Hotel Grand Bali Beach tepatnya di kamar 327 dan 2401. Menurut sejarahnya, Hotel Grand Bali Beach pernah mengalami kebakaran hebat di bulan Januari 1993. Pada peristiwa itu, satu-satunya kamar yang tidak terbakar adalah kamar 327.

Sejak itulah setelah renovasi dilakukan, maka kamar 327 dan 2401 selalu dirawat, diberi warna hijau, dilengkapi dengan sesaji, dan tidak sewakan kepada tamu. Kamar ini diperuntukkan secara khusus untuk Ratu Pantai Selatan.

Kamar lainnya yang diperuntukkan bagi Ratu Pantai Selatan terletak di Pelabuhan Ratu, yakni di Hotel Samudra Beach tepatnya di kamar 308. Seperti halnya di kamar 327 Hotel Grand Bali Beach, kamar 308 ini dihias dengan beragam pernak-pernik berkaitan dengan mitos Ratu Pantai Selatan.

Di kamar ini pula terpasang beberapa lukisan Ratu Pantai Selatan karya pelukis kenamaan Indonesia, Basoeki Abdullah. Sementara di Yogyakarta, kamar sejenis bisa ditemukan di kamar 33 Hotel Queen Of The South, Parangtritis.

Kamar Ritual Ratu Pantai Selatan hanyalah sebagian kecil cerita yang mewarnai mitos Ratu Pantai Selatan. Selain menyediakan kamar khusus, masyarakat yang tinggal di sekitar pantai selatan selalu memberikan sesaji dan melakukan ritual di hari tertentu yang secara khusus diperuntukkan bagi Ratu Pantai Selatan. Meskipun sebagian orang menentang ritual dan kepercayaan ini, tetapi sebenarnya ada juga sisi positifnya.

Mitos ini membuat wilayah pantai selatan terjaga dari perusakan dan para pengunjung pantai selatan pun lebih berhati-hati dalam bersikap selama berada di wilayah pantai ini.

Selanjutnya : Belajar Matematika Ilmu tentang Ruang
Sebelumnya: Beberapa Software Terjemahan Terbaik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar