Peternakan Kelinci di Kampung Kelinci Puncak Bogor


Di daerah Bogor ada sebuah kampung yang diberi julukan kampung Kelinci. Kampung Kelinci Puncak Bogor ini terletak di Kampung Budi Asih RT 01 RW 01, Desa Gunung Mulya Kecamatan Tenjolaya, Bogor. Sebutan Kampung Kelinci ini bukan tanpa alasan. 

Tentang Kampung Kelinci

Alasan utama penamaan Kampung Kelinci adalah karena kegiatan warganya yang mulai mengembangkan usaha ternak kelinci. Pengembangan usaha ternak kelinci di kampung tersebut memberikan penghasilan tambahan bagi warganya dan menjadikan kampung ini sebagai salah satu tempat potensial untuk mengembangbiakkan kelinci.

Ada dua jenis kelinci yang diternakkan di kampung ini, kelinci pedaging dan kelinci hias. Akan tetapi pengembangbiakan kelinci pedaging masih jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan kelinci hias. Saat ini, kelinci hias masih menjadi primadona terutama bagi para pecinta kelinci. Di Kampung Kelinci sendiri, terdapat 20 kelompok usaha ternak kelinci. Pemasaran kelinci sendiri dilakukan di daerah sekitar Bogor dengan dipusatkan di pasar-pasar tradisional.

Sedangkan untuk pemasaran di pasar modern seperti supermarket, para peternak baru bekerja sama dengan satu supermarket saja. Harga kelinci pun bervariasi, umumnya kelinci dijual dengan harga Rp 60.000,00 sedangkan untuk bayi kelinci yang baru berusia satu bulan biasanya dijual seharga Rp 20.000,00. Saat ini total kelinci yang diternakkan di Kampung Kelinci mencapai 600 ekor kelinci.

Usaha peternakan kelinci ini merupakan salah satu peluang usaha yang memiliki amsa depan cerah. Masih banyak peluang serta minat orang-orang terhadap kelinci hias dan juga daging kelinci mulai meningkat. Hal ini tentu sangat menguntungkan. Selain itu, keberadaan Kampung Kelinci ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Puncak, Bogor. Sebagian dari mereka tertarik dengan keunikan Kampung Kelinci yang bukan hanya sekadar kampung, tetapi juga merupakan kampung kreatif yang beternak kelinci.

Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke daerah Bogor, tidak ada salahnya untuk sekadar mampir ke Kampung Kelinci Puncak Bogor ini. Selain bisa memanjakan mata dengan melihat berbagai jenis kelinci, Anda yang menggemari kelinci hias pun bisa membeli kelinci di sana dan juga tidak menutup kemungkinan bisa bekerja sama dengan salah satu peternak kelinci di sana.

Selanjutnya : Kompas Arah Kiblat Jakarta untuk Menunjukkan Arah Kiblat
Sebelumnya: Mengenal Sejarah Naruto
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar