Kamus Jepang Kata Sifat


Apa fungsi kamus Jepang kata sifat? Di era globalisasi, kemampuan berbahasa asing merupakan investasi tersendiri. Sebab, tidak hanya menjadi nilai tambah saat melamar kerja, kemampuan berbahasa asing juga dapat menjadi modal untuk bekerja secara profesional dan mandiri.

Bisa sebagai tour guide, penerjemah, atau guru privat. Salah satu bahasa asing yang digunakan dalam dunia internasional adalah bahasa Jepang. Ciri umum bahasa Jepang adalah berpola MD (Menerangkan Diterangkan), kata benda tidak berbentuk jamak, predikat terletak di akhir kalimat, mengandung partikel tertentu untuk menyambung kata, dan adanya perubahan bentuk pada kata kerja, kata sifat, maupun kata benda.

Kata sifat bahasa Jepang digunakan untuk menerangkan kata benda dan dibedakan dari bentuk akhiran. Kata sifat bahasa Jepang terbagi dalam dua golongan, yaitu yang pertama golongan Keiyoshi (semua kata sifat berakhiran huruf i). Contohnya oishii (enak) dan takai (mahal/tinggi). Sebagai catatan, meski berakhiran i, keempat kata berikut tidak termasuk golongan Keiyoshi, yaitu kirei, saiwai, zonzai, dan aimai.

Kemudian, yang ke dua adalah golongan Keiyo Doshi (semua kata sifat berakhiran bukan huruf i). Contohnya, kimben (rajin) dan shinsetsu (ramah). Seperti aturan bahasa pada umumnya, kata sifat Jepang juga mengenal bentuk lampau. Aturan bentuk lampau pada golongan Keiyoshi adalah mengubah akhiran i menjadi katta. Contohnya oishii menjadi oishikatta. Jika berbentuk negatif maka akhirannya berubah menjadi kunakatta, contohnya oishiikunakatta.

Aturan mengubah bentuk lampau pada golongan Keiyo Doshi sama seperti mengubah pada kata benda, contohnya kirei deshita. Menyambung kata sifat dilakukan dengan menambahkan kata kute di akhir kata golongan Keiyoshi dan menambahkan partikel “de” di belakang kata sifat golongan Keiyo doshi. Contohnya, Kore wa oishikute yashui desu (ini enak dan murah) dan Kirei de shinsetsu desu (cantik dan ramah).

Berikut ini adalah beberapa kosa kata dalam kamus Jepang kata sifat.

Bahasa Indonesia Bahasa Jepang
Asin Shoppai
Asam Suppai
Bagus Koukyuu na
Bahagia Ureshii
Benda Mono
Berantakan Chirakashita
Biru Aoi
Gelap Koi
Lambat Osoi
Malu Haji na
Panjang Nagai
Pendek (ukuran) Mijikai
Pendek (tubuh) Hikui
Sehat Genki na
Sedih Kanashii
Terang Awai
Tua Furui
Selanjutnya : Kenali Kandungan Vitamin dalam Buah Anggur Merah
Sebelumnya: Papua Nugini : Negara yang Satu Pulau dengan Papua
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar