Kandang Kura Kura Brazil

Cara Membuat Kandang Kura Kura Brazil

Bagaimana cara membuat kandang kura kura Brazil? Pertanyaan tersebut biasanya muncul bagi Anda yang hendak memelihara kura-kura, termasuk kura-kura Brazil. Sebelum dijelaskan lebih lanjut, sebaiknya diketahui terlebih dahulu ciri-ciri kura-kura Brazil itu sendiri. Kura-kura Brazil adalah salah satu jenis kura-kura yang banyak dijadikan hewan peliharaan. Kura-kura ini hidup di dua alam, yaitu di darat dan air. Ciri-cirinya, kura-kura Brazil memiliki garis merah di samping kepalanya. Kura-kura ini banyak menghabiskan waktunya di air daripada darat.

Membuat Kandang Kura Kura Brazil

Hal yang terpenting dalam memelihara kura-kura Brazil adalah membuat kandangnya terlebih dahulu. Cara membuatnya cukup sederhana. Anda tinggal memilih, apakah akan membuat kandang kura-kura tersebut di dalam aquarium atau kolam. Jika hendak memelihara dalam aquarium, Anda dapat membelinya langsung. Aquarium yang cocok bagi kura-kura harus memiliki luas yang cukup. Sebaiknya sediakan batu-batuan dan tempat yang tinggi untuk kura-kura berjemur di luar air.

Namun, jika hendak memelihara dalam kolam, Anda dapat membuatnya sendiri. Pertama, sediakan lahan yang cukup, misalnya ukuran 65 x 65 cm. Buatlah kolam menjadi dua area, yaitu air sebanyak 75% dan darat (pasir) sebanyak 25%. Sediakan batu-batuan yang besar dan tinggi sebagai tempat berjemur. Kedua, setelah selesai, lahan tinggal dialiri air bersih. Kandang seperti ini tidak hanya cocok untuk memelihara, tapi juga untuk budidaya kura-kura Brazil.

Tips Merawat Kura-kura Brazil

Setelah membuat kandang, hal yang terpenting adalah merawat kura-kura tersebut agar selalu sehat dan tidak berpenyakit. Tips sederhana dalam merawat kura-kura Brazil adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan kebersihan kandang. Yang terpenting adalah mengganti air kolam atau aquarium secara berkala. Misalnya, tiga hari sekali. Hal tersebut untuk mencegah kuman dan parasit yang dapat mengganggu kura-kura.
  2. Berikan waktu untuk berjemur. Kura-kura perlu berjemur di bawah sinar matahari. Sinat matahari yang mengandung vitamin D akan membuat cangkang kura-kura semakin sehat dan kuat. Berikan waktu berjemur setiap pagi. Bagi kura-kura kecil, waktu berjemur cukup 30 menit dalam sehari di bawah sinar matahari pagi.
  3. Berikan pakan secara teratur. Kura-kura Brazil merupakan omnivora atau pemakan segala. Selain memakan sayuran, kura-kura Brazil juga bisa memakan rayap, jangkrik, laron, cacing, dan lain-lain. Namun, agar pemenuhan gizi dan kebersihannya terjamin, sebaiknya kura-kura Brazil diberi pakan berupa pelet. Pelet dapat diberikan dua kali sehari. Jika kura-kura Brazil betina telah menghasilkan telur, sebaiknya diberi pakan yang lebih.

Demikian cara membuat kandang kura kura Brazil dan tips sederhana cara merawat kura-kura Brazil. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Khasiat Jamu Bagi Wanita Remaja
Sebelumnya: Cara Perbaiki TV Sharp
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...