Memelihara Marmut dan Kandang Marmut


Marmut merupakan jenis binatang yang banyak disukai karena bentuknya yang menggemaskan. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk memelihara binatang yang memiliki bentuk mirip dengan kelinci tersebut.

Untuk itu, persiapan awal yang harus dilakukan adalah dengan membuat kandang marmut terlebih dahulu.

Pembuatan kandang untuk marmut ini perlu didahulukan dengan tujuan ketika marmut yang hendak dipelihara tersebut datang, kita tidak perlu repot untuk menjaganya agar tidak lepas dan lari.

Dengan demikian, marmut yang baru dibeli atau didatangkan tersebut bisa dengan segera dimasukkan ke dalam kandang.

Dalam membuat kandang untuk marmut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya, kandang tersebut sebaiknya diletakkan di tempat yang berdekatan dengan sumber air sehingga akan memudahkan marmut untuk minum, jika mereka merasa haus.

Selain itu, kandang marmut harus diletakkan di tempat yang jauh dari suara bising. Mengingat marmut merupakan binatang yang sensitif terhadap suara sehingga mudah bereaksi jika merasa kaget.

Letakkan kandang di tempat yang aman, dan jauh dari jangkauan binatang pemangsa. Misalnya, anjing atau juga ular. Untuk itu, letak kandang sebaiknya lebih tinggi dari tanah sehingga lebih aman.

Letakkan kandang di tempat yang terlindung dari sinar matahari secara langsung. Selain itu, jauhkan kandang dari lokasi yang rawan terkena asap, seperti asap pembakaran sampah.

Tips Memelihara Marmut

Banyak orang yang gemas terhadap bentuk marmut yang lucu sehingga begitu binatang ini tiba di rumah, banyak orang yang ingin menimangnya. Padahal cara ini salah.

Marmut termasuk binatang yang peka terhadap lingkungan. Oleh karena itu, ketika marmut tiba di rumah pertama kali, biarkan marmut tersebut bebas mengenali lingkungannya.

Setelah terlihat tenang dan nyaman dengan lingkungannya, kita bisa menimang marmut tersebut. Jika mengalami kesulitan untuk menjinakkan marmut, maka kita bisa menggunakan sayuran sebagai alat pancing untuk menarik perhatian marmut tersebut.

Hindari suara yang bersifat mengagetkan, karena marmut tergolong binatang yang sensitif terhadap suara mengagetkan. Bila kaget, marmut akan lari untuk mencari tempat perlindungan.

Agar marmut tidak mengalami cedera saat kita menimangnya, sebaiknya gunakan kain tebal, seperti handuk untuk menghindari cedera pada binatang tersebut.

Demikianlah artikel singkat tentang Memelihara Marmut. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Cara Mencari Kumpulan Surat Lamaran Pekerjaan di Internet
Sebelumnya: Contoh Latar Belakang Masalah Penelitian Psikologi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar