Kandungan Enzim pada Makanan Berbahan Dasar Susu

Kandungan enzim pada makanan berbahan dasar susu adalah adanya laktosa. Susu merupakan salah satu jenis asupan nutrisi bagi tubuh yang mengandung laktosa yang cukup tinggi. Laktosa merupakan salah satu zat yang dapat membantu dalam produksi enzim laktase di dalam tubuh.

Fungsi Enzim Laktase

Loading...

Enzim laktase sendiri memiliki fungsi penting dalam sistem pencernaan di dalam tubuh, terpenuhinya jumlah enzim laktase di dalam pencernaan akan membuat pencernaan tubuh menjadi lancar. Konsumsi susu bisa menjadi salah satu jalan untuk memperlancar produksi enzim laktase.

Ada banyak olahan susu yang juga masih mengandung laktosa yang diperlukan tubuh. Contoh olahan susu di antaranya yogurt. Yogurt merupakan hasil olahan susu yang mengandung asam laktat yang dibutuhkan dalam peningkatan enzim laktase dalam tubuh.

Bila tidak begitu menyukai susu, atau ada alergi terhadap susu karena kandungan laktosa susu yang tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba yogurt yang memiliki kandungan Laktosa rendah tetapi tetap memiliki manfaat susu. Yogurt juga memiliki rasa asam yang khas yang enak bila diolah atau dicampur dengan makanan lain.

Susu sendiri juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan misalnya karamel susu, puding susu, permen susu, dodol susu, dan masih banyak jenis makanan olahan dari susu lainnya. Makanan-makanan tersebut jadi memiliki kandungan laktosa tanpa harus meminum susu secara langsung (terutama bagi yang kurang menyukai susu).

Kandungan laktosa dalam susu masih ada dan masih tetap bisa dinikmati oleh tubuh. Olahan makanan dari susu tersebut sebenarnya bisa kita olah sendiri di rumah bila merasa takut ada banyak bahan campuran lain dalam makanan olahan susu yang sudah jadi. Produksi enzim laktase dalam tubuh sifatnya penting, bila produksi enzim laktase dalam tubuh menurun akan berdampak pada sistem pencernaan tubuh.

Kandungan enzim pada makanan terutama pada susu lebih tepatnya kandungan Laktosa yang bisa membantu dalam produksi enzim laktase sangat bermanfaat untuk tubuh. Mulai sekarang tidak ada salahnya untuk rajin mengonsumsi susu, olahan susu seperti yogurt, atau berbagai produk makanan olahan berbahan dasar susu.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Pembuatan Daftar Isi Skripsi
Sebelumnya: Sejarah Pahlawan Perjuangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar