Kandungan Gizi Sawi Putih yang Menakjubkan

Apa manfaat dari sawi putih yang Anda ketahui?

Sawi Putih Bagus untuk Pencehagan Osteoporosis

Loading...

Secara kesehatan, kandungan gizi sawi putih ternyata dapat mencegah penyakit osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit kekurangan kalsium pada tulang, sehingga tulang mengalami kerapuhan dan kekuatannya akan melemah. Hal ini terjadi pada orang lanjut usia karena asupan kalsium dari luar tubuh sedikit.

Kalsium biasanya disuplai dari susu atau dari bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sawi putih (Brassica rapa convar) memiliki kandungan ion logam yang cukup banyak, seperti mineral mangan dan kalsium. Kandungan vitaminnya juga banyak, dari K, A, C dan E. Bahkan vitamin K sendiri di dalam sawi putih berjumlah 419,3 mg/ cangkir.

Kandungan mangan dan kalsium ini yang berguna untuk penyusunan dan penguatan tulang dan gigi. Kinerja antara keduanya (Vitamin K dan Kalsium) bermanfaat ganda untuk pengaturan protein tulang. Fungsi Vitamin K dapat mengurangi penumpukan/ pengendapan kalsium di dalam pembuluh darah. Meskipun kalsium dapat menjaga penguatan tulang, tanpa adanya regulasi dari protein tulang, kalsium akan mengalami pengendapan di dalam pembuluh darah. Efeknya adalah stroke dan penyakit jantung.

Penyakit jantung biasanya diinisiasi karena regulasi ion Na+ dan K+ di dalam pembuluh darah dekat ke jantung tidak normal. Dengan adanya vitamin K ini, regulasi dapat ditingkatkan sehingga dapat mencegah penyakit osteoporosis karena kekurangan kalsium serta penyakit jantung dan stroke.
Vitamin K juga berfungsi dalam koagulasi darah saat terjadi luka. Maka tak heran jika vitamin ini disebut sebagai vitamin koagulan. Pengontrolan gula darah juga dimotori oleh vitamin ini.

Kandungan Vitamin A dalam Sawi Putih

Vitamin lain yang ada di dalam sawi putih adalah vitamin A. Vitamin A berguna untuk kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi sawi putih sebanyak satu cangkir per hari, dapat mencukupi kebutuhan vitamin A 84,9 persen. Kornea mata terjaga dengan adanya vitamin A. Sawi putih juga memiliki kandungan asam amino triptofan serta kandungan serat yang banyak.

Hal ini berguna untuk melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Kandungan cukup baik pula dalam sayuran ini adalah vitamin C. Konsumsi sehari satu cangkir dari sawi putih dapat mencukupi sekitar 59% dari kebutuhan vitamin C per hari.

Vitamin C berfungsi untuk menjaga ketahanan tubuh. orang yang mudah capek dan lemas biasanya kekurangan asupan vitamin C dari luar tubuh. Salah satu alternatif untuk menanggulangi hal tersebut dengan mengonsumsi sawi putih dengan baik. Dengan mengetahui kandungan gizi sawi putih, kita bisa lebih menyukai sayuran dibanding makanan fast food.

Loading...
Selanjutnya : Travel dan Guide ke Argopuro
Sebelumnya: Alat Transportasi Jalan Raya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar