Beberapa Kandungan Kimia pada Bahan Bakar Solar


Bahan bakar solar merupakan salah satu jenis bahan bakar yang berasal dari hasil penyulingan minyak bumi. Bahan bakar solar memiliki warna jernih dari kuning dan cokelat. Mesin yang biasa menggunakan bahan bakar jenis ini adalah mesin diesel yang memiliki daya putaran yang tinggi yaitu putaran di atas 1000 RPM. Ada beberapa kandungan kimia pada bahan bakar solar begitu juga dengan kandungan-kandungan lainnya.

Selain untuk kepentingan mesin diesel dengan putaran di atas 1000 RPM, baha bakar solar juga bisa menjadi bahan bakr untuk pembakaran langsung di dapur rumah, penggunaan bahan bakar solar akan menghasilkan pembakaran yang sifatnya bersih.

Zat-zat yang terkandung di dalam bahan bakar solar di antaranya senyawa hidrokarbaon dan senyawa nonhidrokarbon. Senyawa hidrokarbon yang terkandung di antaranya Naftenik, Olefin, Parafinik, dan juga Aromatik. Senyawa nonhidrokarbon yang terkandung di dalam bahan bakar solar di antaranya O, N, dan S (yang termasuk senyawa bukan logam) dan nikel, vanadium, dan besi (yang termasuk senyawa logam).

Sedangkan jenis bahan bakar solar dibagi menjadi dua yaitu Industrial Diesel Oil (disebut juga minyak diesel, merupakan jenis yang digunakan untuk mesin diesel dengan putaran kurang atau sampai pada 1000 RPM dan digunakan pada mesin-mesin industri) dan Automotive Diesel Oil (disebut sebagai bahan bakar diesel, digunakan pada mesin diesel yang memiliki kecepatan putaran di atas 1000 RPM.

Biasanya digunakan oleh kendaraan bermotor yang memiliki putaran di atas 1000 RPM). Sedangkan sifat-sifat dari solar ini diantaranya tidak berwarna, hanya sedikit warna kekuningan, memiliki titik nyala tinggi, memiliki kemampuan menimbulkan panas yang tinggi atau besar, dapat terbakar secara tiba-tiba jika suhu mencapai 350 derajat, bersifat encer dan termasuk jenis bahan bakar yang tidak mudah menguap dalam suhu yang normal, dan kandungan sulfur di dalam solar lebih banyak daripada kandungan sulfur di dalam bensin.

Uraian mengenai solar dan kandungan kimia pada bahan bakar solar di atas diharapkan bisa memberikan sedikit informasi dan cukup membantu. Hal yang paling penting mengenai bahan bakar solar ini sama dengan jenis bahan bakar lainnya adalah menghemat bahan bakar sebaik mungkin.

Selanjutnya : Tokoh Karakter Kura Kura Ninja
Sebelumnya: Tokoh Jin di Aladin dan Lampu Ajaib
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar