Beberapa Kandungan Kulit Jeruk Manis


Siapa yang tidak mengenal jeruk? Jeruk adalah salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Jeruk sendiri tidak semuanya memiliki rasa manis, jeruk yang yang memiliki rasa asam, asam manis, sampai yang rasanya datar (artinya tidak manis dan tidak asam).

Jeruk sendiri terbagi menjadi jeruk untuk konsumsi langsung dan jeruk yang digunakan sebagai bahan pelengkap bumbu dapur seperti jeruk nipis dan jeruk purut. Selain kandungan yang bermanfaat dari daging buah jeruk, ada juga kandungan kulit jeruk manis yang kaya manfaat.

Kandungan Jeruk

Kulit jeruk ternyata tidak saja hanya menjadi sampah yang hanya dibuang begitu saja. Kulit jeruk sebenarnya kaya akan kandungan bermanfaat. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam kulit jeruk di antaranya sebagai berikut :

  1. Minyak atsiri. Minyak atsiri merupakan minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau minyak nabati yang identik dengan sifat mengental jika berada pada suhu yang rendah. Minyak atsiri dari kulit jeruk bermanfaat sebagai minyak gosok alami, bibit parfum, membuat rasa tenang pada pemakainya karena mampu membuat sistem saraf menjadi stabil, dan salah satu kandungan dalam minyak atsiri yaitu limonen mampu meredakan rasa sakit yang diakibatkan batuk juga radang tenggorokan, serta mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh manusia.
  2. Lonalo, linalil, dan terpinol. Ketiga zat tersebut memiliki fungsi sebagai penenang.
  3. Sitronela. Merupakan kandungan kulit jeruk dengan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga bisa menjadi cara alternatif untuk mencegah nyamuk mendekat. Sekarang ini juga banyak produk anti nyamuk yang memanfaatkan kandungan di dalam kulit jeruk.
  4. Kandungan di dalam kulit jeruk juga bisa digunakan sebagai alat untuk merawat kecantikan kulit wajah. Ada berbagai cara untuk memanfaatkan kulit jeruk sebagai perawat kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

Setelah mengetahui beberapa kandungan kulit jeruk manis yang diuraikan di atas, ada baiknya mulai sekarang kita tidak langsung membuang begitu saja kulit jeruk tersebut. Bila memang merasa repot jika harus mengolah kulit jeruk, maka cara paling sederhana adalah dengan menjadikannya penangkal nyamuk sehingga rumah kita terhindar dari adanya nyamuk.

Selanjutnya : Kata-kata Pujangga tentang Perpisahan
Sebelumnya: Manfaat Minum Teh Tawar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar