Kandungan Rokok yang Membahayakan Kesehatan


Rokok mengandung beberapa bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Selain berdampak buruk bagi orang yang merokok, bahaya asap rokok ternyata juga dapat menyebabkan efek negatif bagi orang lain dan lingkungan sekitar. Berikut ini adalah kandungan rokok yang membahayakan kesehatan manusia.

Yang pertama adalah nikotin. Zat ini adalah senyawa kimia organik yang berasal dari beberapa jenis tanaman, termasuk tembakau yang merupakan salah satu komponen utama dalam rokok.

Meskipun berasal dari tanaman alami, namun nikotin ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan manusia. Nikotin bahkan ditengarai mengandung racun yang digunakan sebagai bahan baku untuk membuat insektisida atau racun serangga.

Dalam kadar rendah, nikotin dapat menyebabkan kecanduan seperti yang banyak dialami oleh kaum perokok. Selain itu, nikotin hanya memilki sedikit zat yang mampu menghambat tumbuhnya sel-sel kanker sehingga apabila orang merokok, atau menghirup asap rokok, secara terus-menerus, dapat memperbesar terserang penyakit kanker.

Zat berbahaya dalam rokok berikutnya adalah amonia. Zat ini merupakan pendukung nikotin yang dapat membuat penyerapan asap ke paru-paru berlangsung lebih cepat.

Dampaknya, otak akan tercemar nikotin dengan dosis yang lebih tinggi. Lebih dari itu, amonia sendiri dapat merusak kesehatan manusia, terutama menjadi penyebab rusaknya paru-paru dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Karbonmonoksida atau CO juga menjadi salah satu zat berbahaya yang terdapat pada rokok. Di dalam asap rokok, terkandung gas karbonmonoksida yang berpotensi memicu peningkatan kandungan COHb pada darah.

Jika berlangsung dalam jangka waktu lama dan terus-menerus, kondisi seperti ini bisa memicu terjadinya serangan jantung yang berpotensi mengakibatkan kematian pada perokok maupun orang yang menghirup asap rokok.

Rokok juga mengandung zat kimia berbahaya yang bernama hydrogen cyanide. Zat ini berupa gas yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Hydrogen cyanide termasuk dalam kategori zat kimia berbahaya karena mengandung racun yang bisa berdampak kematian jika masuk secara langsung atau terus-menerus ke dalam tubuh manusia.

Sebenarnya masih banyak kandungan rokok yang membahayakan kesehatan manusia, seperti formic acid, nitrous oxide, formaldehyde, phenol, acetol, hydrogen sulfide, pyridine, menthyl chloride, methanol, arsenic, toluene, butane, methane, cromium, dan lainnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang merokok, mungkin inilah saatnya untuk berhenti.

Selanjutnya : Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli
Sebelumnya: Mengenal Definisi ISP
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar